Cara Menggunakan Fungsi IF pada Microsoft Excel | Junait

Oleh 

Junait, S.Pd., M.Si.

Ass. Wr. Wb.
Halo sahabat bloger, kali ini saya hadir lagi untuk share informasi mengenai cara menggunakan fungsi If pada Microsoft Excel. (khususnya MS Excel 2007)
 
Fungsi IF di microsoft excel 2007 dapat digunakan sebagai formula logika untuk menghitung atau menentukan nilai sebuah pernyataan dimana fungsi IF akan memberikan nilai tertentu jika logika benar atau salah.

Dalam contoh ini kita akan menggunakan fungsi IF untuk menentukan nilai kelulusan siswa,
Jika Nilai Ujian (kolom B) > 30 maka status kelulusan (kolom C), adalah lulus, sebaliknya jika <30 maka  "tidak lulus"

1. Buat tabel seperti di bawah ini
Kode Siswa, Nilai ujian dan keterangan




2.Pada sel C2 ketik formula
=IF(B2>30,"lulus","tidak lulus") jangan Lupa koma(,) atau titik koma (;)
pada rumus mempengaruhi berjalan tidak rumus yang anda buat karna terkadang setiap komputer itu berbeda, kemudian enter
Selanjutnya kopi formula hingga sel C10
Hasilnya akan tampak seperti di bawah ini 


Terima kasih, tunggu postingan selanjutnya y dari saya,
share dan jangan lupa di posting, karna akan bnyak pahala yang kalian dapatkan dari mengajarkan orang lain yang belum tau, :D
 
Trims Moga bermanfaat.
Admin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Filsafat Islam Mazhab QOM

PROGRAM KERJA KEPALA PERPUSTAKAAN SMPN 1 KODEOHA | Junait Blog