PROGRAM KERJA KEPALA SEKOLAH SMPN 1 KODEOHA | Junait Blog
PROGRAM KERJA KEPALA SEKOLAH SMPN 1 KODEOHA 2014/2015
PROGRAM/RENCANA KERJA
KEPALA SEKOLAH
(RKKS)
SMPN 1 KODEOHA
Jl. Sawerigading No. 100 Desa Lametuna Kec. Kodeoha, Kab.Kolaka Utara,
Sulawesi Tenggara
Email : smpn1kdhkolut@yahoo.com
DINAS
PENDIDIKAN NASIONAL, PEMUDA DAN OLAHRAGA
KABUPATEN KOLAKA UTARA
TAHUN 2014
HALAMAN PENGESAHAN
PROGRAM/RENCANA KERJA
KEPALA SEKOLAH
(RKKS)
SMP NEGERI 1 KODEOHA
KABUPATEN KOLAKA UTARA
TAHUN PELAJARAN
2014/2015
Mengetahui : Lametuna, Juli 2014
Pengawas
Bina, Kepala Sekolah,
SYARIFUDDIN S., S.Pd. JUNAIT,
S.Pd., M.Si.
NIP. 19621231 199101 1 021 NIP.
19750525 200112 1 004
Mengesahkan :
Kepala Dinas Pendidikan Nasional,
Pemuda dan Olahraga,
Kabupaten
Kolaka Utara,
Drs. H.
MUKRIM, M.M.
Pembina Utama Muda, IV/c
NIP. 19580504 198903 1 015
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami
panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala Rahmat dan
Hidayahnya kepada kami semua, sehingga kami dapat menyusun dan menyelesaikan Program/Rencana
Kerja Kepala Sekolah (RKKS) SMP Negeri 1 Kodeoha, Kolaka Utara.
Kami menyadari bahwa Program/Rencana
Kerja Kepala SMP Negeri 1 Kodeoha yang
kami susun masih sangat jauh dari sempurna, untuk itu dengan penuh kerendahan
hati kami mengharapkan masukan, kritik maupun saran dari berbagai pihak yang
berkompeten dan berkepentingan terhadap kemajuan pendidikan, khususnya di SMP Negeri
1 Kodeoha, untuk perbaikan penyusunan RKKS di masa yang akan datang .
Tak lupa kami mengucapkan
banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut meluangkan waktu, tenaga
atau sumbangan pemikiran-pemikirannya dalam proses penyusunan RKKS SMP Negeri 1
Kodeoha ini.
Akhirnya kami berharap semoga
Rencana Kerja Kepala Sekolah ini dapat menjadi pedoman penyelenggaraan
pendidikan di SMP Negeri 1 Kodeoha untuk tahun pelajaran 2014/2015 dan juga
untuk kurun waktu satu tahun ke depan, sehingga Visi dan Misi SMP Negeri 1
Kodeoha dapat dicapai/diwujudkan dengan baik, Amiin.
Lametuna,
Juli 2014
Kepala
SMPN 1 Kodeoha,
JUNAIT, S.Pd., M.Si.
NIP.
19750525 200112 1 004
DAFTAR ISI
Halaman Judul ....................................................................................................................................................... i
Halaman Pengesahan ........................................................................................................................................ ii
Kata Pengantar ...................................................................................................................................................... iii
Daftar Isi .................................................................................................................................................................... iv
BAB I PENDAHULUAN
................................................................................................................................... 1
A. Sejarah Singkat Berdirinya Sekolah ................................................................................................. 1
B. Tujuan dan Manfaat RKS ........................................................................................................................ 2
C. Landasan Hukum ......................................................................................................................................... 2
BAB II VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH ...................................................................................... 3
A. Visi Sekolah ...................................................................................................................................................... 3
B. Misi Sekolah ..................................................................................................................................................... 3
C. Tujuan Sekolah .............................................................................................................................................. 4
BAB
III PROGRAM KERJA KEPALA SEKOLAH ............................................................................. 5
A. Sasaran
............................................................................................................................................................... 5
B. Program ............................................................................................................................................................. 6
C. Indikator
Keberhasilan ........................................................................................................................... 8
D. Kegiatan
.............................................................................................................................................................. 9
E. Jadwal Kegiatan ............................................................................................................................................. 11
F. Penanggung Jawab ...................................................................................................................................... 13
BAB
IV PENUTUP ............................................................................................................................................ 16
A. Kesimpulan ……………………………………………………………………................................................ 16
B. Saran ..................................................................................................................................................................... 16
BAB I
PENDAHULUAN
A. SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA SMP NEGERI 1
KODEOHA
SMP Negeri 1 Kodeoha Kabupaten Kolaka Utara didirikan pada tahun 1994, berlokasi
di Jl. Sawerigading No.100 Desa Lametuna Kec. Kodeoha Kabupaten Kolaka Utara. Pada mulanya sekolah ini
didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI
Nomor 0260/O/1994
tanggal 05 Oktober 1994 sebagai
sekolah menengah pertama dengan nama SMP Negeri 3 Lasusua yang pada saat itu
masih termasuk wilayah Kabupaten Kolaka bertujuan sebagai upaya menyediakan pendidikan masyarakat
di sekitar Desa Lametuna yang tidak terjangkau oleh sekolah negeri yang telah ada. Selanjutnya
sesuai Surat Keputusan Bupati Kolaka Nomor 344 Tahun 2003, SMP Negeri 3 Lasusua
berubah nama menjadi SLTP Negeri 1 Kodeoha.
Tahun demi tahun SMP Negeri 3
Lasusua selalu mengalami perkembangan/ kemajuan,
baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Seiring dengan pemekaran wilayah
Kabupaten Kolaka Utara dari kabupaten induk (Kolaka) dan pemekaran wilayah
Kecamatan Lasusua menjadi 2 Kecamatan, Lasusua dan Kodeoha, pada tahun 2004 SLTP Negeri 1 Kodeoha ini diubah nama menjadi SMP
Negeri 1 Kodeoha.
Sejak awal didirikan hingga
saat ini SMP Negeri 1 Kodeoha telah mengalami beberapa kali pergantian
kepemimpinan, yakni :
1. H. Burhan menjabat periode 1994 – 1998
2. Drs. Misbahuddin menjabat periode 1998 – 2001
3. Drs. H. Ahmad Yani menjabat periode 2001
– 2007
4. Drs. Djanwaruddin menjabat periode 2007 – 2010
5. Mokhamad Loso, S,Pd, M.M. menjabat
periode 2010 –
2013
6. Junait, S.Pd., M.Si. menjabat periode
2013 – hingga sekarang.
Sesuai dengan peraturan yang
ada bahwa menyusun perencanaan/program sekolah untuk jangka waktu yang akan
datang merupakan suatu keharusan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, untuk hal
tersebut Sekolah mencoba menyusun Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) yang
salah satunya diimplentasikan dalam Program/Rencana Kerja Kepala Sekolah (RKKS)
untuk jangka satu tahun ke depan, dengan harapan kegiatan-kegiatan rutin
sekolah dan kegiatan-kegiatan pengembangan sekolah dapat lebih terprogram dan
jelas arah tujuannya.
B.
TUJUAN
DAN MANFAAT RKKS
1.
Manfaat Penyusunan RKKS
Penyusunan RKKS ini
merupakan suatu hal yang sangat penting, karena RKKS dapat digunakan sebagai:
1.1. Pedoman
kerja (kerangka acuan) kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah/madrasah;
1.2. Dasar
untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan sekolah/madrasah;
1.3. Bahan
acuan untuk mengidentifikasi dan mengajukan sumber daya pendidikan yang
diperlukan untuk pengembangan sekolah/madrasah.
- Tujuan Penyusunan RKKS
Tujuan utama penyusunan RKKS adalah agar kepala sekolah dapat mengetahui secara rinci tindakan-tindakan
yang harus dilakukan agar tujuan, kewajiban, dan sasaran pengembangan
sekolah/madrasah dapat dicapai.
C.
LANDASAN
HUKUM
1. Undang-undang No. 20
tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam pasal 8 dan 48;
2. Peraturan Pemerintah
No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan dalam Pasal 49 dan 53;
3. Permendiknas No. 19
Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan dalam Angka 4a poin 1 dan 2;
4. Permendiknas No. 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi
Kurikulum Garuda (K13) Lampiran 1;
5. Kepmendiknas 129a Tahun 2004 Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang
Pendidikan dalam 3.1.
BAB
II
VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
A.
VISI
SEKOLAH
Visi Sekolah adalah imajinasi
moral yang dijadikan dasar atau rujukan dalam menentukan tujuan atau keadaan
masa depan sekolah yang secara khusus diharapkan oleh Sekolah. Visi Sekolah
merupakan turunan dari Visi Pendidikan Nasional, yang dijadikan dasar atau
rujukan untuk merumuskan Misi, Tujuan sasaran untuk pengembangan sekolah di masa
depan yang diimpikan dan terus terjaga kelangsungan hidup dan perkembangannya.
Adapun visi SMP Negeri 1
Kodeoha : Sekolah berwawasan Wiyata Mandala yang dijiwai oleh nilai-nilai budaya
dan karakter bangsa serta mengusai IPTEK yang dilandasi IMTAQ.
Indikator :
1)
Aktifitas dan kreatifitas seluruh
komponen sekolah terutama para siswa yang optimal
kepada
2)
Pembelajaran dalam rangka
meningkatkan keterampilan siswa supaya mereka memiliki prestasi yang dapat
dibanggakan secara optimal.
3)
Pembelajaran dan bimbingan secara
efektif sehingga kecerdasan siswa terus diasah agar terciptanya kecerdasan intelektual
dan emosional yang mantap.
4)
Antusias
terhadap perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
5)
Cinta kebersihan dan keindahan
semua komponen sekolah.
6)
Penghayatan yang dalam dan
pengalaman yang tinggi terhadap ajaran agama (Religi) sehingga tercipta
kematangan dalam berpikir dan bertindak.
B.
MISI
SEKOLAH
Menyelenggarakan pendidikan
secara profesional, inovatif dan selalu berupaya meningkatkan pelayanan dan
kepuasan stake holder. Untuk
mewujudkan misi yang telah dirumuskan maka langkah-langkah nyata yang harus
dilakukan oleh sekolah adalah :
1)
Mendorong
aktivitas dan kreativitas secara optimal kepada seluruh komponen sekolah
terutama para siswa
2)
Mengoptimalkan
pembelajaran dalam rangka meningkatkan keterampilan siswa supaya mereka
memiliki prestasi yang dapat dibanggakan.
3)
Melaksanakan
pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga kecerdasan siswa terus
diasah agar terciptanya kecerdasan intelektual dan emosional yang mantap.
4)
Menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM), tanpa takut salah, dan demokratis.
5)
Antusias
terhadap perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
6)
Menanamkan
cinta kebersihan dan keindahan kepada semua komponen sekolah.
7)
Mengembangkan budaya gemar membaca, rasa ingin tahu,
bertoleransi, demokratis, bekerjasama,
saling menghargai, disiplin, jujur, kerja keras, kreatif, dan mandiri.
8)
Menimbulkan
penghayatan yang dalam dan pengalaman yang tinggi terhadap ajaran agama
(Religi) sehingga tercipta kematangan dalam berpikir dan bertindak.
C. TUJUAN SEKOLAH
Berdasarkan
Visi dan Misi yang telah dirumuskan dalam kurun waktu 4 tahun kedepan, tujuan yang diharapkan
tercapai oleh sekolah pada tahun 2014/2015
adalah :
1) Perolehan Nilai Ujian Nasional rata-rata
naik setiap tahunnya.
2) Memiliki kegiatan ekstra kurikuler yang
maju dan berprestasi di segala bidang secara berjenjang.
3) Terwujudnya disiplin yang tinggi dari
seluruh warga sekolah.
4) Terciptanya
suasana pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan
(PAIKEM), tanpa takut salah, dan
demokratis.
5) Terwujudnya suasana pergaulan sehari-hari
yang berlandaskan kekeluargaan, keimanan dan ketaqwaan.
6) Terwujudnya manajemen sekolah yang
transparan dan partisipatif, melibatkan seluruh warga sekolah dan kelompok kepentingan
yang terkait.
7) Terciptanya
budaya gemar membaca, rasa ingin tahu, bertoleransi, demokratis, bekerjasama,
saling menghargai, disiplin, jujur, kerja keras, kreatif, dan mandiri.
8) Terwujudnya lingkungan sekolah yang
bersih, indah, asri, aman dan nyaman.
BAB III
PROGRAM KERJA SEKOLAH
A.
SASARAN
Sasaran adalah tantangan
utama yang akan dicapai sekolah/madrasah dalam waktu 4 tahun ke depan dan telah
disesuaikan dengan faktor kesiapan sekolah/madrasah. Penetapan sasaran sekolah
ini bertujuan untuk dijadikan panduan dalam menyusun program dan kegiatan yang
akan dilakukan dalam waktu tertentu guna merealisasikan alternatif pemecahan
tantangan yang telah dirumuskan.
Berikut ini kami uraikan
sasaran program kerja sekolah per-kategori:
1.
Kurikulum
dan Pembelajaran
a.
Tersedianya
dokumen kurikulum seluruh mata pelajaran
b.
Guru
paham tentang kurikulum
c.
Guru
mampu membuat silabus sekolah sesuai standar isi
d.
Guru
paham dan mampu membuat Penelitian Tindakan Kelas
e.
Meningkatnya
minat baca dan pengetahuan guru
f.
Meningkatnya
minat baca siswa
g.
Perpustakaan
yang representatif
h.
Guru
paham tentang kecakapan hidup
2.
Administrasi
dan Manajemen Sekolah
a.
Peraturan
sekolah tersedia dan terlaksana dengan baik
b.
Semua
guru PNS mengikuti sertifikasi
c.
Semua
guru PNS lolos sertifikasi
3.
Organisasi
dan kelembagaan
a.
Peraturan
khusus sekolah tersedia dan terlaksana dengan baik
b.
Guru
dan karyawan mampu membuat program kerja
4.
Sarana dan
Prasarana
a.
Tersedianya
ruang kelas belajar (RKB) yang mamadai
b.
Tersedianya
ruang laboratorium Bahasa yang mamadai
c.
Sarana
dan prasarana Perpustakaan dan komputer yang lengkap
d.
Tersedianya
fasilitas ruang yang baik dan lengkap
e.
Sarana
dan prasarana laboratorium IPA dan komputer yang lengkap
f.
Kebutuhan
komputer dan printer terpenuhi
g.
Tersedianya
Mushola
h.
Penyediaan
air bersih
5.
Ketenagaan
a.
Tersedianya
program kehumasan
b.
Guru
paham tentang pola kerjasama dalam peningkatan mutu pembelajaran
c.
Terpenuhinya
kebutuhan tenaga pendukung (tenaga administrasi)
6.
Pembiayaan
dan pendanaan
a.
Peningkatan
pembiayaan sekolah untuk meningkatkan kualitas pelayanan sekolah
b.
Meningkatnya
prestasi siswa dan sekolah
c.
Terjalinnya
kerjasama dengan stakeholder
d.
Tersusunnya
RKAS tepat waktu
e.
Adanya
peningkatan honorarium Tenaga Honorer Sekolah
7.
Peserta
Didik
a.
Penerimaan
Siswa Baru
b.
Pelaksanaaan
Kegiatan Eskstrakurikuler
8.
Peran serta
Masyarakat
a.
Keterlibatan
komite sekolah kembali aktif sesuai dengan fungsinya
b.
Hubungan
sekolah dengan komite sekolah lebih baik
c.
Terjalinnya
kerja sama dengan lembaga masyarakat
9.
Lingkungan
dan Budaya Sekolah
a.
Pemagaran
sekolah
b.
Pembuatan
taman sekolah
c.
Menanamkan
kesadaran perlunya partisipasi masyarakat dan stakeholder sekolah untuk terciptanya lingkungan yang aman.
B. PROGRAM
Merumuskan program adalah
menggabungkan alternatif-alternatif pemecahan tantangan utama yang memiliki
karakteristik yang saling mendukung, saling tergantung, atau saling berkaitan.
Berikut ini kami uraikan
program sekolah per-kategori:
1.
Kurikulum
dan Pembelajaran
a. Pembuatan dokumen I kurikulum, Silabus
dan RPP
b. Peningkatan kompetensi guru
c. Pengadaan / penggantian buku pelajaran
d. Standar ideal jam mengajar
e. Penambahan buku-buku yang menarik
f.
Penugasan
studi literatur di perpustakaan
2.
Administrasi
dan Manajemen Sekolah
a. Sosialisasi peraturan sekolah kepada guru
dan karyawan
b. Rapat Pembinaan
3.
Organisasi
dan kelembagaan
a. Pembuatan usulan peraturan
b. Pembuatan program kerja
4.
Sarana dan
Prasarana
a. Rehabilitasi/Pembangunan Ruang Kelas Baru
b. Pembangunan Ruang Laboratorium Bahasa
c. Pendataan, pembuatan, pengajuan proposal
dan pengadaan sarana dan prasarana ruang Perpustakaan
d. Pembangunan Ruang Perpustakaan
e. Pengadaan perabot pengganti
f.
Perbaikan
perabot rusak
g. Pendataan, pembuatan, pengajuan proposal
dan pengadaan sarana dan prasarana laboratorium IPA
h. Pengajuan dan pemasangan jaringan
internet dan pengawasan dalam penggunaannya.
i.
Pendataan,
pengajuan, pengadaaan, dan perawatan printer dan komputer
5.
Ketenagaan
a. Pembuatan program kehumasan
b. Sosialisasi pola kerjasama
c. Identifikasi kebutuhan tenaga pendukung
6.
Pembiayaan
dan pendanaan
a. Penyusunan RKAS
b. Menjalin kerjasama dengan stakeholder
c. Komunikasi yang intensif dengan stakeholder
d. Kesejahteraan pegawai khususnya Tenaga
Honorer Sekolah
7.
Peserta
Didik
a. Pelaksanaan Penerimaan Siswa Baru
b. Pelaksanaan Kegiatan Estrakurikuler
8.
Peran serta
Masyarakat
a. Sosialisasi program sekolah dan peran
komite
b. Menciptakan hubungan yang harmonis dengan
komite
c. Mengikutsertakan komite dalam menjalankan
program sekolah
d. Pertemuan dengan komite sekolah
e. Kerjasama dengan lembaga masyarakat
9.
Lingkungan
dan Budaya Sekolah
a. Pembuatan taman sekolah
b. Perbaikan dan Pembuatan Pagar Sekolah
c. Menanamkan kesadaran perlunya keterlibatan
masyarakat dan warga sekolah untuk terciptanya lingkungan yang aman dan nyaman.
C.
INDIKATOR KEBERHASILAN
Indikator keberhasilan
program adalah ukuran yang digunakan untuk menilai apakah program yang
dirumuskan berhasil atau tidak. Apabila indikator keberhasilan telah dapat
dicapai, maka program dapat dikatakan berhasil; sebaliknya apabila indikator
keberhasilan belum dapat dicapai, maka program dapat dikatakan belum berhasil.
Indikator harus ditentukan agar program yang ditetapkan dapat diukur keberhasilannya.
Indikator keberhasilan setiap program bisa berkaitan dengan proses dan dapat
juga berkaitan langsung dengan hasil akhir. Indikator keberhasilan dapat
bersifat kuantitatif atau kualitatif, yang penting dapat diukur dan dirumuskan
secara spesifik, operasional, dan dalam bentuk kalimat pernyataan.
Berikut ini kami uraikan
indikator keberhasilan program sekolah per-kategori:
1.
Kurikulum
dan Pembelajaran
a. Tersedianya dokumen Kurikulum secara
lengkap
b. Guru mampu membuat dokumen/perangkat
pembelajaran sesuai apel yang diampu
c. Tersedianya silabus dan RPP sekolah
sesuai standar isi
d. Tersedianya literatur tambahan
e. Jam mengajar guru PNS maksimal 24 jam
f.
Tersedianya
buku pelajaran
2.
Administrasi
dan Manajemen Sekolah
a. Seluruh guru berperan dalam penegakan
peraturan sekolah
b. Guru-guru
PNS lolos sertifikasi
3.
Organisasi
dan kelembagaan
a. Usulan peraturan terbentuk
b. Terselesaikannya program kerja
4.
Sarana dan
Prasarana
a. Tersedianya ruang Kelas Baru yang memadai
b. Tersedianya ruang Laboratorium Bahasa
yang memadai
c. Sarana dan prasarana Perpustakaan
dilengkapi
d. Penggantian dan perbaikan perabot rusak
e. Sarana dan prasarana laboratorium IPA
dilengkapi
f.
Laboran
terampil menggunakan lab IPA
g. Komputer dan printer tersedia sesuai
kebutuhan
h. Tersedianya Mesjid/Mushalla
i.
Tersedianya
air bersih yang memadai
5.
Ketenagaan
a. Terbuatnya program kehumasan
b. Terpenuhinya kebutuhan tenaga pendukung
6.
Pembiayaan
dan pendanaan
a. Jumlah siswa baru meningkat
b. Tersusunnya RKAS tepat waktu
c. Adanya peningkatan Kesejahteraan Tenaga
Honorer Sekolah
7.
Peserta
Didik
a. Terselenggaranya kegiatan Penerimaan
Peserta Didik Baru
b. Terselenggaranya kegiatan Ekstrakurikuler
8.
Peran serta
Masyarakat
a. Komite memahami tugas dan perannya
b. Hubungan komite dan sekolah berjalan
secara sinergi
c. Komite selalu terlibat dalam
program-program yang dijalankan sekolah
d. Adanya pertemuan rutin dengan komite
9.
Lingkungan
dan Budaya Sekolah
a. Terbentuknya taman sekolah yang asri dan
indah
b. Terselesaikannya pembangunan pagar dan
pintu pagar yang permanen
c. Menanamkan kesadaran perlunya partisipasi
masyarakat dan stake holder sekolah untuk
terciptanya lingkungan yang aman dan nyaman.
D.
KEGIATAN
Kegiatan adalah
tindakan-tindakan yang akan dilakukan di dalam program. Kegiatan perlu
dirumuskan dari setiap program dengan mengacu pada indikator keberhasilan yang
telah ditetapkan sehingga program dapat dicapai. Kegiatan bisa diambil dari
alternatif pemecahan yang telah ditetapkan sebelumnya. Perumusan kegiatan
dilakukan dengan cara membuat daftar kegiatan yang terkait dengan program
tersebut. Kegiatan yang baik adalah yang mengarah pada pencapaian indikator
keberhasilan yang telah dirumuskan, dan dapat diperkirakan biaya atau
anggarannya.
Berikut ini kami uraikan
daftar kegiatan sekolah per-kategori:
1.
Kurikulum
dan Pembelajaran
a.
Melaksanakan Rapat Rutin
Pembinaan
b.
Melaksanakan pembuatan KTSP, Silabus
dan RPP
c.
Mengadakan
buku-buku pelajaran
d.
Mengadakan
literatur tambahan
e.
Melakukan
penyesuaian jam mengajar
2.
Administrasi
dan Manajemen Sekolah
a. Melaksanakan rapat koordinasi guru dan
karyawan
b. Melakukan Pembinaan secara berkala
c. Menyusun Pembagian Tugas Administrasi
3.
Organisasi
dan kelembagaan
a. Melaksanakan koordinasi dan pembuatan
usulan peraturan sekolah
b. Membuat Program Kerja
4.
Sarana dan
Prasarana
a. Mengusulkan Rehabilitasi/Pengadaaan ruang
kelas baru (RKB)
b. Mengusulkan pengadaaan ruang Laboratorium
Bahasa
c. Melakukan pendataan kebutuhan, pembuatan
dan pengajuan proposal, melengkapi sarana dan prasarana Perpustakaan
d. Melakukan pendataan kebutuhan, pembuatan
dan pengajuan proposal, melengkapi sarana dan prasarana Laboratorium IPA
e. Melakukan pendataan kebutuhan, pembuatan
dan pengajuan proposal, melengkapi sarana dan prasarana Laboratorium IPA
f.
Mengadakan
dan memperbaiki komputer dan printer
5.
Ketenagaan
a. Menyusun program kehumasan
b. Sosialisasi pola kerjasama
c. Mengajukan/mengangkat tambahan tenaga
pendukung (Tenaga Guru dan Administrasi)
6.
Pembiayaan
dan pendanaan
a. Meningkatkan kualitas pelayanan sekolah
b. Meningkatkan prestasi siswa dan sekolah
c. Membuat program kerjasama dengan pihak
lain
d. Meningkatkan kerjasama dengan stakeholder
e. Menyusun RKAS
7.
Peserta
Didik
a. Melaksanakan penerimaan siswa baru
b. Meningkatkan kualitas penanganan siswa
yang bermasalah
c. Melaksanakan Kegiatan Ekstrakurikuler
8.
Peran serta
Masyarakat
a. Mengundang semua orang tua siswa
b. Membentuk pengurus komite sekolah
c. Sosialisasi program sekolah
d. Menciptakan hubungan yang harmonis antara
komite dan sekolah
e. Melibatkan komite dalam program-program
sekolah
f.
Melakukan
pertemuan dengan komite sekolah secara berkala
g. Menjalin kerjasama dengan lembaga
masyarakat
9.
Lingkungan
dan Budaya Sekolah
a. Menyelesaikan pembuatan taman sekolah
b. Menyelesaikan pembuatan pagar dan pintu
pagar sekolah
c. Menanamkan kesadaran perlunya
keterlibatan masyarakat dan warga sekolah untuk terciptanya lingkungan yang
aman dan nyaman.
E.
JADWAL KEGIATAN
Jadwal adalah alokasi waktu
suatu program dan kegiatan tertentu yang akan dilaksanakan. Tujuan penyusunan
jadwal program dan kegiatan ini adalah untuk mempermudah pelaksana dalam
menentukan urutan kegiatan dan mengatur penggunaan sumberdaya dan dana yang
dimiliki sekolah/madrasah. Dengan demikian alur kegiatan dan keuangan sekolah/madrasah
dapat dikontrol dengan lebih efektif.
Berikut ini kami tampilkan
kegiatan sekolah:
TABEL JADWAL KEGIATAN
NO.
|
SASARAN
|
PROGRAM
|
SEMESTER 1
|
SEMESTER 2
|
1
|
Kurikulum dan
Pembelajaran
|
Pembuatan
KTSP, Silbabus dan RPP
|
√
|
√
|
Peningkatan
kompetensi guru
|
√
|
√
|
||
Pengadaan
(penggantian) buku Pelajaran
|
√
|
√
|
||
Pengaturan
jadwal mengajar guru yang ideal
|
√
|
√
|
||
Penambahan
buku-buku yang menarik
|
√
|
|||
Penugasan
studi literatur di perpustakaan
|
√
|
√
|
||
2
|
Pendidik
(Guru) dan Tenaga Kependidikan (Staf Administrasi)
|
Peningkatan
kompetensi guru
|
√
|
√
|
Standar ideal
jam mengajar
|
√
|
√
|
||
Pengangkatan
Tenaga Honorer Sekolah
|
√
|
|||
3
|
Administrasi
dan Manajemen Sekolah
|
Sosialisasi
peraturan sekolah kepada guru dan karyawan
|
√
|
√
|
Pertemuan
Rutin Dewan Guru
|
√
|
√
|
||
Rapat Pembinaan
|
√
|
√
|
||
4
|
Organisasi dan
Kelembagaan
|
Pembuatan
usulan peraturan
|
√
|
√
|
Pembuatan
program kerja
|
√
|
√
|
||
5
|
Sarana dan
Prasarana
|
Rehabilitasi/ Pembangunan
Ruang Kelas Baru
|
√
|
|
Pendataan,
pembuatan, pengajuan proposal dan pengadaan sarana dan prasarana Perpustakaan
|
√
|
√
|
||
Pengadaan
perabot pengganti
|
√
|
√
|
||
Perbaikan
perabot rusak
|
√
|
|||
Pendataan,
pembuatan, pengajuan proposal dan pengadaan sarana dan prasarana laboratorium
IPA
|
√
|
√
|
||
Pengajuan dan
pemasangan jaringan internet dan pengawasan dalam penggunaannya.
|
√
|
|||
Pendataan,
pengajuan, pengadaaan, dan perawatan printer dan computer
|
√
|
|||
6
|
Pembiayaan dan
pendanaan
|
Penyusunan
RKAS
|
√
|
|
Menjalin
kerjasama dengan stakeholder
|
√
|
√
|
||
Komunikasi
yang intensif dengan stakeholder
|
√
|
√
|
||
Kesejahteraan
pegawai khususnya Tenaga Honorer Sekolah
|
√
|
√
|
||
7
|
Peserta didik
|
Pelaksanaan
penerimaan siswa baru
|
√
|
√
|
Meningkatkan
kualitas penanganan siswa yang bermasalah
|
√
|
√
|
||
Pelaksanaan
Kegiatan Ekstrakurikuler
|
√
|
√
|
||
8
|
Peran serta
Masyarakat
|
Sosialisasi
program sekolah dan peran komite
|
√
|
√
|
Menciptakan
hubungan yang harmonis dengan komite
|
√
|
√
|
||
Mengikutsertakan
komite dalam menjalankan program sekolah
|
√
|
√
|
||
Pertemuan
dengan komite sekolah
|
√
|
√
|
||
Kerjasama
dengan lembaga masyarakat
|
√
|
√
|
||
Pembuatan
program kehumasan
|
√
|
√
|
||
Sosialisasi
pola kerjasama
|
√
|
√
|
||
9
|
Lingkungan dan
Budaya Sekolah
|
Pembuatan
taman sekolah
|
√
|
√
|
Menanamkan
kesadaran perlunya keterlibatan masyarakat dan warga sekolah untuk
terciptanya lingkungan yang aman.
|
√
|
√
|
F.
PENANGGUNG JAWAB
Setelah
program dirumuskan, maka perlu ditentukan siapa penanggung jawab program.
Penanggung jawab program adalah perseorangan yang ditunjuk untuk mengkoordinir
pelaksanaan program sesuai dengan bidangnya.
Berikut ini kami uraikan
mengenai penanggung jawab tiap program sekolah yang akan dilaksanakan:
TABEL
PENANGGUNG JAWAB PROGRAM
NO.
|
PROGRAM
|
PENANGGUNG JAWAB
|
1
|
Pembuatan
KTSP, Silbabus dan RPP
|
Kepala Sekolah
dan Wakasek Bidang Kurikulum dan Sarana-Prasarana
|
2
|
Peningkatan
kompetensi guru
|
Kepala Sekolah
dan Wakasek Bidang Kurikulum dan Sarana-Prasarana
|
3
|
Pengadaan
(penggantian) buku Pelajaran
|
Kepala Sekolah
dan Wakasek Bidang Kurikulum dan Sarana-Prasarana, Kepala Perpustakaan
|
4
|
Pengaturan jam
dan jadwal mengajar guru yang ideal
|
Kepala Sekolah,
Wakasek Bidang Kurikulum dan Sarana-Prasarana dan Urusan Kurikulum
|
5
|
Penambahan
buku-buku yang menarik
|
Kepala Sekolah
dan Wakasek Bidang Kurikulum dan Sarana-Prasarana, Kepala Perpustakaan
|
6
|
Penugasan
studi literatur di perpustakaan
|
Semua Guru dan
Kepala Perpustakaan
|
7
|
Peningkatan
kompetensi guru
|
Kepala Sekolah
|
8
|
Sosialisasi
peraturan sekolah kepada guru dan karyawan
|
Kepala Sekolah,
Wakasek I dan II dan Urusan Kurikulum
|
9
|
Pertemuan
Rutin Dewan Guru dan Rapat Pembinaan
|
Kepala Sekolah,
Wakasek I dan II dan Sekretaris Dewan Guru
|
10
|
Pembuatan usulan
peraturan
|
Kepala Sekolah
dan Ketua Komite Sekolah
|
11
|
Pembuatan
program kerja
|
Kepapa
Sekolah, Wakasek I dan II, Bendahara BOS, Ketua Komite Sekolah
|
12
|
Rehabilitasi/ Pembangunan
Ruang Kelas Baru
|
Kepapa Sekolah
dan Wakasek Bidang Kurikulum dan Sarana-Prasarana
|
13
|
Pendataan,
pembuatan, pengajuan proposal dan pengadaan sarana dan prasarana ruang
Perpustakaan
|
Kepsek dan Kepala
Perpustakaan
|
14
|
Pengadaan
perabot pengganti
|
Wakasek Bidang
Kurikulum dan Sarana-Prasarana
|
15
|
Perbaikan
perabot rusak
|
Wakasek Bidang
Kurikulum dan Sarana-Prasarana
|
16
|
Pendataan,
pembuatan, pengajuan proposal dan pengadaan sarana dan prasarana laboratorium
IPA
|
Wakasek Bidang
Kurikulum dan Sarana-Prasarana, Kepala Laboratorium IPA
|
17
|
Pengajuan dan
pemasangan jaringan internet dan pengawasan dalam penggunaannya.
|
Wakasek Bidang
Kurikulum dan Sarana-Prasarana
|
18
|
Pendataan,
pengajuan, pengadaaan, dan perawatan printer dan komputer
|
Kepala
Sekolah, Urusan Sarana dan Prasana, Bendahara BOS
|
Pembuatan
program kehumasan
|
Wakil Kepala
Sekolah Bidang Kesiswaan dan Humas, Urusan Humas
|
|
Sosialisasi
pola kerjasama
|
Wakil Kepala
Sekolah Bidang Kesiswaan dan Humas, Urusan Humas
|
|
Penyusunan
RKAS
|
Kepala Sekolah,
Bendahara BOS, Perwakilan Komite Sekolah
|
|
19
|
Menjalin
kerjasama dengan stakeholder
|
Wakil Kepala
Sekolah Bidang Kesiswaan dan Humas
|
Komunikasi
yang intensif dengan stakeholder
|
Wakil Kepala
Sekolah Bidang Kesiswaan dan Humas
|
|
Kesejahteraan
pegawai khususnya TKS
|
Kepala Sekolah,
Bendahara BOS
|
|
20
|
Pelaksanaan
penerimaan siswa baru
|
Wakil Kepala
Sekolah Bidang Kesiswaan dan Humas
|
Meningkatkan
kualitas penanganan siswa yang bermasalah
|
Wali Kelas, Wakil
Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Humas
|
|
21
|
Pelaksanaan
Kegiatan Ekstrakurikuler
|
Guru Pembina
Ekstrakurikuler dan OSIS
|
22
|
Sosialisasi
program sekolah dan peran komite
|
Kepsek dan Wakil
Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Humas
|
Menciptakan
hubungan yang harmonis dengan komite
|
Wakasek Bidang
Kesiswaan dan Humas
|
|
Mengikutsertakan
komite dalam menjalankan program sekolah
|
Wakasek Bidang
Kesiswaan dan Humas
|
|
23
|
Pertemuan
dengan komite sekolah
|
Kepsek dan Wakil
Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Humas
|
24
|
Kerjasama
dengan lembaga masyarakat
|
Wakasek Bidang
Kesiswaan dan Humas
|
Pembuatan
taman sekolah
|
Wakasek Bidang
Kesiswaan dan Humas, Urusan Sarana dan Prasarana
|
|
25
|
Menanamkan
kesadaran perlunya kterlibatan masyarakat dan warga sekolah untuk terciptanya
lingkungan yang aman.
|
Wakasek Bidang
Kesiswaan dan Humas, Pembina Kegiatan Kesiswaan (Pramuka, PMR, dan OSIS), Kaur. TU
|
BAB
VI
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Berdasarkan uraian yang telah
dikemukakan sebelumnya, maka kami menarik beberapa kesimpulan sebagai berikut :
1. Keberhasilan dan kelancaran suatu kegiatan
diperlukan sarana penunjang yang
lengkap, perencanaan yang matang dan pembagian tugas yang jelas.
2. Agar semua hambatan yang mungkin timbul
dapat dikurangi semaksimal mungkin
diperlukan pengawasan dan pembinaan yang
baik disertai rasa tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi dari seluruh aparat pelaksana.
3. Pengumpulan data yang akurat dan
ketelitian dalam setiap melaksanakan
tugas sangat diperlukan guna penyusunan laporan
yang cepat dan tepat.
B.
Saran
Adapun saran-saran yang kami
kemukakan adalah sebagai berikut :
1. Diharapkan dengan adanya program kerja
ini dapat mewujudkan suatu mekanisme kerja yang harmonis, efektif dan efesien
sehingga dapat menunjang ketercapaian sasaran yang diharapkan.
2. Apabila setiap pelaksana yang terkait
didalam kegiatan ini memahami aturan yang telah ditetapkan, Insya Allah rencana
kerja yang diprogramkan akan tercapai dengan baik.
Itulah contoh Program Kerja Kepala Sekolah SMPN 1 Kodeoha Tahun Anggaran 2015
Terimakasih Pak Kepsek, contoh program Kepsek nya dapat kami jadikan contoh dalam penyusunan program kami. Salam hormat dari kami keluarga Besar SMPN 14 SATAP Langgudu Bima NTB.
BalasHapusTerimakasih Pak Kepsek, contoh program Kepsek nya dapat kami jadikan contoh dalam penyusunan program kami. Salam hormat dari kami keluarga Besar SMPN 14 SATAP Langgudu Bima NTB.
BalasHapusKAMI SANGAT TERBANTU DENGAN BLOG INI, TERIMAKASIH BUANYAAK
BalasHapusMakasih banyak, ijin saya jadikan model ya...
BalasHapusTerima kasih banyak sudah men-share artikel ini, sukses selalu.
BalasHapusMakasih banyak Bapak, mohon ijin saya jadikan jadikan panduan di sekolah saya. syukran..
BalasHapusSangat bermanfaat. Izin mengambil inspirasi ya pak
BalasHapusMohon ijin untuk turut menggunakan konsep Bapak di sekolah kami, semoga menjadi amal shalih
BalasHapusMohon ijin kami jadikan acuan program sekolah kami...terima kasih mudah2an menjadi amalan bapak nanti...
BalasHapus