PROGRAM KERJA KEPALA SEKOLAH SMPN 1 KODEOHA | Junait Blog

PROGRAM KERJA KEPALA SEKOLAH SMPN 1 KODEOHA 2014/2015






PROGRAM/RENCANA  KERJA

KEPALA SEKOLAH

(RKKS)



SMPN 1 KODEOHA

Jl. Sawerigading No. 100 Desa Lametuna Kec. Kodeoha, Kab.Kolaka Utara,

Sulawesi Tenggara

 











DINAS PENDIDIKAN NASIONAL, PEMUDA DAN OLAHRAGA

KABUPATEN KOLAKA UTARA

TAHUN 2014




 

HALAMAN PENGESAHAN




PROGRAM/RENCANA  KERJA

KEPALA SEKOLAH

(RKKS)

SMP NEGERI 1 KODEOHA
KABUPATEN KOLAKA UTARA
TAHUN PELAJARAN 2014/2015







Mengetahui :                                                                          Lametuna,        Juli   2014                
Pengawas Bina,                                                                     Kepala Sekolah, 



SYARIFUDDIN S., S.Pd.                                                      JUNAIT, S.Pd., M.Si.
NIP. 19621231 199101 1 021                                          NIP. 19750525 200112 1 004



Mengesahkan :
Kepala Dinas Pendidikan Nasional,
Pemuda dan Olahraga,
Kabupaten  Kolaka Utara,




Drs. H. MUKRIM, M.M.
Pembina Utama Muda, IV/c
NIP. 19580504 198903 1 015
 


KATA PENGANTAR


Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala Rahmat dan Hidayahnya kepada kami semua, sehingga kami dapat menyusun dan menyelesaikan Program/Rencana Kerja Kepala Sekolah (RKKS) SMP Negeri 1 Kodeoha, Kolaka Utara.
Kami menyadari bahwa Program/Rencana Kerja Kepala  SMP Negeri 1 Kodeoha yang kami susun masih sangat jauh dari sempurna, untuk itu dengan penuh kerendahan hati kami mengharapkan masukan, kritik maupun saran dari berbagai pihak yang berkompeten dan berkepentingan terhadap kemajuan pendidikan, khususnya di SMP Negeri 1 Kodeoha, untuk perbaikan penyusunan RKKS di masa yang akan datang .
Tak lupa kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut meluangkan waktu, tenaga atau sumbangan pemikiran-pemikirannya dalam proses penyusunan RKKS SMP Negeri 1 Kodeoha ini.
Akhirnya kami berharap semoga Rencana Kerja Kepala Sekolah ini dapat menjadi pedoman penyelenggaraan pendidikan di SMP Negeri 1 Kodeoha untuk tahun pelajaran 2014/2015 dan juga untuk kurun waktu satu tahun ke depan, sehingga Visi dan Misi SMP Negeri 1 Kodeoha dapat dicapai/diwujudkan dengan baik, Amiin.




Lametuna,     Juli 2014
Kepala SMPN 1 Kodeoha,




JUNAIT, S.Pd., M.Si.
NIP. 19750525 200112 1 004





DAFTAR ISI

Halaman Judul  .......................................................................................................................................................         i
Halaman Pengesahan  ........................................................................................................................................        ii
Kata Pengantar  ......................................................................................................................................................       iii
Daftar Isi  ....................................................................................................................................................................       iv

BAB  I PENDAHULUAN  ...................................................................................................................................        1
A.     Sejarah Singkat Berdirinya Sekolah  .................................................................................................        1
B.     Tujuan dan Manfaat RKS  ........................................................................................................................        2
C.      Landasan Hukum  .........................................................................................................................................        2

BAB  II VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH  ......................................................................................        3
A.     Visi Sekolah  ......................................................................................................................................................        3
B.     Misi Sekolah  .....................................................................................................................................................        3
C.     Tujuan Sekolah  ..............................................................................................................................................        4

BAB  III PROGRAM KERJA KEPALA SEKOLAH  .............................................................................        5
A.     Sasaran  ...............................................................................................................................................................        5
B.     Program  .............................................................................................................................................................        6
C.     Indikator  Keberhasilan  ...........................................................................................................................        8
D.    Kegiatan  ..............................................................................................................................................................        9
E.     Jadwal Kegiatan  .............................................................................................................................................      11
F.     Penanggung Jawab  ......................................................................................................................................      13

BAB  IV  PENUTUP  ............................................................................................................................................      16
A.     Kesimpulan ……………………………………………………………………................................................      16
B.     Saran .....................................................................................................................................................................      16



















BAB  I 
PENDAHULUAN

A.     SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA SMP NEGERI 1 KODEOHA
SMP Negeri 1 Kodeoha Kabupaten Kolaka Utara didirikan pada tahun 1994, berlokasi di Jl. Sawerigading No.100 Desa Lametuna Kec. Kodeoha Kabupaten Kolaka Utara. Pada mulanya sekolah ini didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 0260/O/1994 tanggal 05 Oktober 1994 sebagai sekolah menengah pertama dengan nama SMP Negeri 3 Lasusua yang pada saat itu masih termasuk wilayah Kabupaten Kolaka bertujuan sebagai upaya menyediakan pendidikan masyarakat di sekitar Desa Lametuna yang tidak terjangkau oleh sekolah negeri yang telah ada. Selanjutnya sesuai Surat Keputusan Bupati Kolaka Nomor 344 Tahun 2003, SMP Negeri 3 Lasusua berubah nama menjadi SLTP Negeri 1 Kodeoha.
Tahun demi tahun SMP Negeri 3 Lasusua selalu mengalami perkembangan/ kemajuan, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Seiring dengan pemekaran wilayah Kabupaten Kolaka Utara dari kabupaten induk (Kolaka) dan pemekaran wilayah Kecamatan Lasusua menjadi 2 Kecamatan, Lasusua dan Kodeoha, pada tahun 2004 SLTP Negeri 1 Kodeoha ini diubah nama menjadi SMP Negeri 1 Kodeoha.
Sejak awal didirikan hingga saat ini SMP Negeri 1 Kodeoha telah mengalami beberapa kali pergantian kepemimpinan, yakni :
1.      H. Burhan menjabat periode 1994 – 1998
2.      Drs. Misbahuddin menjabat periode 1998 – 2001
3.      Drs. H. Ahmad Yani menjabat periode 2001 – 2007
4.      Drs. Djanwaruddin menjabat periode 2007 – 2010
5.      Mokhamad Loso, S,Pd, M.M. menjabat periode 2010 – 2013
6.      Junait, S.Pd., M.Si. menjabat periode 2013 – hingga sekarang.
Sesuai dengan peraturan yang ada bahwa menyusun perencanaan/program sekolah untuk jangka waktu yang akan datang merupakan suatu keharusan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, untuk hal tersebut Sekolah mencoba menyusun Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) yang salah satunya diimplentasikan dalam Program/Rencana Kerja Kepala Sekolah (RKKS) untuk jangka satu tahun ke depan, dengan harapan kegiatan-kegiatan rutin sekolah dan kegiatan-kegiatan pengembangan sekolah dapat lebih terprogram dan jelas arah tujuannya.

B.     TUJUAN DAN MANFAAT RKKS
1.      Manfaat Penyusunan RKKS
Penyusunan RKKS ini merupakan suatu hal yang sangat penting, karena RKKS dapat digunakan sebagai:
1.1.   Pedoman kerja (kerangka acuan) kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah/madrasah;
1.2.   Dasar untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan sekolah/madrasah;
1.3.   Bahan acuan untuk mengidentifikasi dan mengajukan sumber daya pendidikan yang diperlukan untuk pengembangan sekolah/madrasah.

  1. Tujuan Penyusunan RKKS
Tujuan utama penyusunan RKKS adalah agar kepala sekolah  dapat mengetahui secara rinci tindakan-tindakan yang harus dilakukan agar tujuan, kewajiban, dan sasaran pengembangan sekolah/madrasah dapat dicapai.

C.     LANDASAN HUKUM
1.      Undang-undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam pasal 8 dan 48;
2.      Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan dalam Pasal 49 dan 53;
3.      Permendiknas No. 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan dalam Angka 4a poin 1 dan 2;
4.      Permendiknas No. 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum Garuda (K13) Lampiran 1;
5.      Kepmendiknas 129a Tahun 2004 Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Pendidikan dalam 3.1.




BAB  II
VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH


A.     VISI SEKOLAH

Visi Sekolah adalah imajinasi moral yang dijadikan dasar atau rujukan dalam menentukan tujuan atau keadaan masa depan sekolah yang secara khusus diharapkan oleh Sekolah. Visi Sekolah merupakan turunan dari Visi Pendidikan Nasional, yang dijadikan dasar atau rujukan untuk merumuskan Misi, Tujuan sasaran untuk pengembangan sekolah di masa depan yang diimpikan dan terus terjaga kelangsungan hidup dan perkembangannya.
Adapun visi SMP Negeri 1 Kodeoha :  Sekolah berwawasan Wiyata Mandala yang dijiwai oleh nilai-nilai budaya dan karakter bangsa serta mengusai IPTEK yang dilandasi IMTAQ.
Indikator  :
1)     Aktifitas dan kreatifitas seluruh komponen sekolah terutama para siswa yang optimal kepada
2)     Pembelajaran dalam rangka meningkatkan keterampilan siswa supaya mereka memiliki prestasi yang dapat dibanggakan secara optimal.
3)     Pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga kecerdasan siswa terus diasah agar terciptanya kecerdasan intelektual dan emosional yang mantap.
4)     Antusias terhadap perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
5)     Cinta kebersihan dan keindahan semua komponen sekolah.
6)     Penghayatan yang dalam dan pengalaman yang tinggi terhadap ajaran agama (Religi) sehingga tercipta kematangan dalam berpikir dan bertindak.

B.     MISI SEKOLAH
Menyelenggarakan pendidikan secara profesional, inovatif dan selalu berupaya meningkatkan pelayanan dan kepuasan stake holder. Untuk mewujudkan misi yang telah dirumuskan maka langkah-langkah nyata yang harus dilakukan oleh sekolah adalah :
1)     Mendorong aktivitas dan kreativitas secara optimal kepada seluruh komponen sekolah terutama para siswa
2)     Mengoptimalkan pembelajaran dalam rangka meningkatkan keterampilan siswa supaya mereka memiliki prestasi yang dapat dibanggakan.
3)     Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga kecerdasan siswa terus diasah agar terciptanya kecerdasan intelektual dan emosional yang mantap.
4)     Menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM),  tanpa takut salah, dan demokratis.
5)     Antusias terhadap perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
6)     Menanamkan cinta kebersihan dan keindahan kepada semua komponen sekolah.
7)     Mengembangkan budaya gemar membaca, rasa ingin tahu, bertoleransi, demokratis, bekerjasama, saling menghargai, disiplin, jujur, kerja keras, kreatif, dan mandiri.
8)     Menimbulkan penghayatan yang dalam dan pengalaman yang tinggi terhadap ajaran agama (Religi) sehingga tercipta kematangan dalam berpikir dan bertindak.

C.      TUJUAN SEKOLAH
Berdasarkan Visi dan Misi yang telah dirumuskan dalam kurun waktu 4 tahun kedepan, tujuan yang diharapkan tercapai oleh sekolah pada tahun 2014/2015 adalah  :
1)     Perolehan Nilai Ujian Nasional rata-rata naik setiap tahunnya.
2)     Memiliki kegiatan ekstra kurikuler yang maju dan berprestasi di segala bidang secara berjenjang.
3)     Terwujudnya disiplin yang tinggi dari seluruh warga sekolah.
4)     Terciptanya suasana pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM),  tanpa takut salah, dan demokratis.
5)     Terwujudnya suasana pergaulan sehari-hari yang berlandaskan kekeluargaan, keimanan dan ketaqwaan.
6)     Terwujudnya manajemen sekolah yang transparan dan partisipatif, melibatkan seluruh warga sekolah dan kelompok kepentingan yang terkait.
7)     Terciptanya budaya gemar membaca, rasa ingin tahu, bertoleransi, demokratis, bekerjasama, saling menghargai, disiplin, jujur, kerja keras, kreatif, dan mandiri.
8)     Terwujudnya lingkungan sekolah yang bersih, indah, asri, aman dan nyaman.







BAB III
PROGRAM KERJA SEKOLAH


A.     SASARAN
Sasaran adalah tantangan utama yang akan dicapai sekolah/madrasah dalam waktu 4 tahun ke depan dan telah disesuaikan dengan faktor kesiapan sekolah/madrasah. Penetapan sasaran sekolah ini bertujuan untuk dijadikan panduan dalam menyusun program dan kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu tertentu guna merealisasikan alternatif pemecahan tantangan yang telah dirumuskan.
Berikut ini kami uraikan sasaran program kerja sekolah per-kategori:
1.      Kurikulum dan Pembelajaran
a.       Tersedianya dokumen kurikulum seluruh mata pelajaran
b.      Guru paham tentang kurikulum
c.       Guru mampu membuat silabus sekolah sesuai standar isi
d.      Guru paham dan mampu membuat Penelitian Tindakan Kelas
e.       Meningkatnya minat baca dan pengetahuan guru
f.        Meningkatnya minat baca siswa
g.       Perpustakaan yang representatif
h.      Guru paham tentang kecakapan hidup
2.      Administrasi dan Manajemen Sekolah
a.       Peraturan sekolah tersedia dan terlaksana dengan baik
b.      Semua guru PNS mengikuti sertifikasi
c.       Semua guru PNS lolos sertifikasi
3.      Organisasi dan kelembagaan
a.       Peraturan khusus sekolah tersedia dan terlaksana dengan baik
b.      Guru dan karyawan mampu membuat program kerja
4.      Sarana dan Prasarana
a.       Tersedianya ruang kelas belajar (RKB) yang mamadai
b.      Tersedianya ruang laboratorium Bahasa yang mamadai
c.       Sarana dan prasarana Perpustakaan dan komputer yang lengkap
d.      Tersedianya fasilitas ruang yang baik dan lengkap
e.       Sarana dan prasarana laboratorium IPA dan komputer yang lengkap
f.        Kebutuhan komputer dan printer terpenuhi
g.       Tersedianya Mushola
h.      Penyediaan air bersih
5.      Ketenagaan
a.       Tersedianya program kehumasan
b.      Guru paham tentang pola kerjasama dalam peningkatan mutu pembelajaran
c.       Terpenuhinya kebutuhan tenaga pendukung (tenaga administrasi)
6.      Pembiayaan dan pendanaan
a.       Peningkatan pembiayaan sekolah untuk meningkatkan kualitas pelayanan sekolah
b.      Meningkatnya prestasi siswa dan sekolah
c.       Terjalinnya kerjasama dengan stakeholder
d.      Tersusunnya RKAS  tepat waktu
e.       Adanya peningkatan honorarium Tenaga Honorer Sekolah
7.      Peserta Didik
a.       Penerimaan Siswa Baru
b.      Pelaksanaaan Kegiatan Eskstrakurikuler
8.      Peran serta Masyarakat
a.       Keterlibatan komite sekolah kembali aktif sesuai dengan fungsinya
b.      Hubungan sekolah dengan komite sekolah lebih baik
c.       Terjalinnya kerja sama dengan lembaga masyarakat
9.      Lingkungan dan Budaya Sekolah
a.       Pemagaran sekolah
b.      Pembuatan taman sekolah
c.       Menanamkan kesadaran perlunya partisipasi masyarakat dan stakeholder sekolah untuk terciptanya lingkungan yang aman.

B.      PROGRAM
Merumuskan program adalah menggabungkan alternatif-alternatif pemecahan tantangan utama yang memiliki karakteristik yang saling mendukung, saling tergantung, atau saling berkaitan.
Berikut ini kami uraikan program sekolah per-kategori:
1.      Kurikulum dan Pembelajaran
a.      Pembuatan dokumen I kurikulum, Silabus dan RPP
b.      Peningkatan kompetensi guru
c.       Pengadaan / penggantian buku pelajaran
d.      Standar ideal jam mengajar
e.      Penambahan buku-buku yang menarik
f.        Penugasan studi literatur di perpustakaan
2.      Administrasi dan Manajemen Sekolah
a.      Sosialisasi peraturan sekolah kepada guru dan karyawan
b.      Rapat Pembinaan
3.      Organisasi dan kelembagaan
a.      Pembuatan usulan peraturan
b.      Pembuatan program kerja
4.      Sarana dan Prasarana
a.      Rehabilitasi/Pembangunan Ruang Kelas Baru
b.      Pembangunan Ruang Laboratorium Bahasa
c.       Pendataan, pembuatan, pengajuan proposal dan pengadaan sarana dan prasarana ruang Perpustakaan
d.      Pembangunan Ruang Perpustakaan
e.      Pengadaan perabot pengganti
f.        Perbaikan perabot rusak
g.      Pendataan, pembuatan, pengajuan proposal dan pengadaan sarana dan prasarana laboratorium IPA
h.      Pengajuan dan pemasangan jaringan internet dan pengawasan dalam penggunaannya.
i.        Pendataan, pengajuan, pengadaaan, dan perawatan printer dan komputer
5.      Ketenagaan
a.      Pembuatan program kehumasan
b.      Sosialisasi pola kerjasama
c.       Identifikasi kebutuhan tenaga pendukung
6.      Pembiayaan dan pendanaan
a.      Penyusunan RKAS
b.      Menjalin kerjasama dengan stakeholder
c.       Komunikasi yang intensif dengan stakeholder
d.      Kesejahteraan pegawai khususnya Tenaga Honorer Sekolah
7.      Peserta Didik
a.      Pelaksanaan Penerimaan Siswa Baru
b.      Pelaksanaan Kegiatan Estrakurikuler
8.      Peran serta Masyarakat
a.      Sosialisasi program sekolah dan peran komite
b.      Menciptakan hubungan yang harmonis dengan komite
c.       Mengikutsertakan komite dalam menjalankan program sekolah
d.      Pertemuan dengan komite sekolah
e.      Kerjasama dengan lembaga masyarakat
9.      Lingkungan dan Budaya Sekolah
a.      Pembuatan taman sekolah
b.      Perbaikan dan Pembuatan Pagar Sekolah
c.       Menanamkan kesadaran perlunya keterlibatan masyarakat dan warga sekolah untuk terciptanya lingkungan yang aman dan nyaman.

C.     INDIKATOR KEBERHASILAN
Indikator keberhasilan program adalah ukuran yang digunakan untuk menilai apakah program yang dirumuskan berhasil atau tidak. Apabila indikator keberhasilan telah dapat dicapai, maka program dapat dikatakan berhasil; sebaliknya apabila indikator keberhasilan belum dapat dicapai, maka program dapat dikatakan belum berhasil. Indikator harus ditentukan agar program yang ditetapkan dapat diukur keberhasilannya. Indikator keberhasilan setiap program bisa berkaitan dengan proses dan dapat juga berkaitan langsung dengan hasil akhir. Indikator keberhasilan dapat bersifat kuantitatif atau kualitatif, yang penting dapat diukur dan dirumuskan secara spesifik, operasional, dan dalam bentuk kalimat pernyataan.
Berikut ini kami uraikan indikator keberhasilan program sekolah per-kategori:
1.       Kurikulum dan Pembelajaran
a.      Tersedianya dokumen Kurikulum secara lengkap
b.      Guru mampu membuat dokumen/perangkat pembelajaran sesuai apel yang diampu
c.       Tersedianya silabus dan RPP sekolah sesuai standar isi
d.      Tersedianya literatur tambahan
e.      Jam mengajar guru PNS maksimal 24 jam
f.        Tersedianya buku pelajaran
2.       Administrasi dan Manajemen Sekolah
a.      Seluruh guru berperan dalam penegakan peraturan sekolah
b.      Guru-guru  PNS lolos sertifikasi
3.       Organisasi dan kelembagaan
a.      Usulan peraturan terbentuk
b.      Terselesaikannya program kerja
4.       Sarana dan Prasarana
a.      Tersedianya ruang Kelas Baru yang memadai
b.      Tersedianya ruang Laboratorium Bahasa yang memadai
c.       Sarana dan prasarana Perpustakaan dilengkapi
d.      Penggantian dan perbaikan perabot rusak
e.      Sarana dan prasarana laboratorium IPA dilengkapi
f.        Laboran terampil menggunakan lab IPA
g.      Komputer dan printer tersedia sesuai kebutuhan
h.      Tersedianya  Mesjid/Mushalla
i.        Tersedianya air bersih yang memadai
5.       Ketenagaan
a.      Terbuatnya program kehumasan
b.      Terpenuhinya kebutuhan tenaga pendukung
6.       Pembiayaan dan pendanaan
a.      Jumlah siswa baru meningkat
b.      Tersusunnya RKAS tepat waktu
c.       Adanya peningkatan Kesejahteraan Tenaga Honorer Sekolah
7.       Peserta Didik
a.      Terselenggaranya kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru
b.      Terselenggaranya kegiatan Ekstrakurikuler
8.       Peran serta Masyarakat
a.      Komite memahami tugas dan perannya
b.      Hubungan komite dan sekolah berjalan secara sinergi
c.       Komite selalu terlibat dalam program-program yang dijalankan sekolah
d.      Adanya pertemuan rutin dengan komite
9.       Lingkungan dan Budaya Sekolah
a.       Terbentuknya taman sekolah yang asri dan indah
b.      Terselesaikannya pembangunan pagar dan pintu pagar yang permanen
c.       Menanamkan kesadaran perlunya partisipasi masyarakat dan stake holder sekolah untuk terciptanya lingkungan yang aman dan nyaman.

D.     KEGIATAN
Kegiatan adalah tindakan-tindakan yang akan dilakukan di dalam program. Kegiatan perlu dirumuskan dari setiap program dengan mengacu pada indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sehingga program dapat dicapai. Kegiatan bisa diambil dari alternatif pemecahan yang telah ditetapkan sebelumnya. Perumusan kegiatan dilakukan dengan cara membuat daftar kegiatan yang terkait dengan program tersebut. Kegiatan yang baik adalah yang mengarah pada pencapaian indikator keberhasilan yang telah dirumuskan, dan dapat diperkirakan biaya atau anggarannya.
Berikut ini kami uraikan daftar kegiatan sekolah per-kategori:
1.       Kurikulum dan Pembelajaran
a.      Melaksanakan Rapat Rutin Pembinaan
b.     Melaksanakan pembuatan KTSP, Silabus dan RPP
c.      Mengadakan buku-buku pelajaran
d.     Mengadakan literatur tambahan
e.      Melakukan penyesuaian jam mengajar
2.       Administrasi dan Manajemen Sekolah
a.      Melaksanakan rapat koordinasi guru dan karyawan
b.      Melakukan Pembinaan secara berkala
c.       Menyusun Pembagian Tugas Administrasi
3.       Organisasi dan kelembagaan
a.      Melaksanakan koordinasi dan pembuatan usulan peraturan sekolah
b.      Membuat Program Kerja
4.       Sarana dan Prasarana
a.      Mengusulkan Rehabilitasi/Pengadaaan ruang kelas baru (RKB)
b.      Mengusulkan pengadaaan ruang Laboratorium Bahasa
c.       Melakukan pendataan kebutuhan, pembuatan dan pengajuan proposal, melengkapi sarana dan prasarana Perpustakaan
d.      Melakukan pendataan kebutuhan, pembuatan dan pengajuan proposal, melengkapi sarana dan prasarana Laboratorium IPA
e.      Melakukan pendataan kebutuhan, pembuatan dan pengajuan proposal, melengkapi sarana dan prasarana Laboratorium IPA
f.        Mengadakan dan memperbaiki komputer dan printer
5.       Ketenagaan
a.      Menyusun program kehumasan
b.      Sosialisasi pola kerjasama
c.       Mengajukan/mengangkat tambahan tenaga pendukung (Tenaga Guru dan Administrasi)
6.       Pembiayaan dan pendanaan
a.      Meningkatkan kualitas pelayanan sekolah
b.      Meningkatkan prestasi siswa dan sekolah
c.       Membuat program kerjasama dengan pihak lain
d.      Meningkatkan kerjasama dengan stakeholder
e.      Menyusun RKAS
7.       Peserta Didik
a.      Melaksanakan penerimaan siswa baru
b.      Meningkatkan kualitas penanganan siswa yang bermasalah
c.       Melaksanakan Kegiatan Ekstrakurikuler
8.       Peran serta Masyarakat
a.      Mengundang semua orang tua siswa
b.      Membentuk pengurus komite sekolah
c.       Sosialisasi program sekolah
d.      Menciptakan hubungan yang harmonis antara komite dan sekolah
e.      Melibatkan komite dalam program-program sekolah
f.        Melakukan pertemuan dengan komite sekolah secara berkala
g.      Menjalin kerjasama dengan lembaga masyarakat
9.       Lingkungan dan Budaya Sekolah
a.       Menyelesaikan pembuatan taman sekolah
b.      Menyelesaikan pembuatan pagar dan pintu pagar sekolah
c.       Menanamkan kesadaran perlunya keterlibatan masyarakat dan warga sekolah untuk terciptanya lingkungan yang aman dan nyaman.

E.      JADWAL KEGIATAN
Jadwal adalah alokasi waktu suatu program dan kegiatan tertentu yang akan dilaksanakan. Tujuan penyusunan jadwal program dan kegiatan ini adalah untuk mempermudah pelaksana dalam menentukan urutan kegiatan dan mengatur penggunaan sumberdaya dan dana yang dimiliki sekolah/madrasah. Dengan demikian alur kegiatan dan keuangan sekolah/madrasah dapat dikontrol dengan lebih efektif.
Berikut ini kami tampilkan kegiatan sekolah:

TABEL JADWAL KEGIATAN

NO.
SASARAN
PROGRAM
SEMESTER 1
SEMESTER 2
1
Kurikulum dan Pembelajaran
Pembuatan KTSP, Silbabus dan RPP
Peningkatan kompetensi guru
Pengadaan (penggantian) buku Pelajaran
Pengaturan jadwal mengajar guru yang ideal
Penambahan buku-buku yang menarik

Penugasan studi literatur di perpustakaan
2
Pendidik (Guru) dan Tenaga Kependidikan (Staf Administrasi)
Peningkatan kompetensi guru
Standar ideal jam mengajar
Pengangkatan Tenaga Honorer Sekolah

3
Administrasi dan Manajemen Sekolah
Sosialisasi peraturan sekolah kepada guru dan karyawan
Pertemuan Rutin Dewan Guru
Rapat Pembinaan
4
Organisasi dan Kelembagaan
Pembuatan usulan peraturan
Pembuatan program kerja
5
Sarana dan Prasarana
Rehabilitasi/ Pembangunan Ruang Kelas Baru

Pendataan, pembuatan, pengajuan proposal dan pengadaan sarana dan prasarana Perpustakaan
Pengadaan perabot pengganti
Perbaikan perabot rusak

Pendataan, pembuatan, pengajuan proposal dan pengadaan sarana dan prasarana laboratorium IPA
Pengajuan dan pemasangan jaringan internet dan pengawasan dalam penggunaannya.

Pendataan, pengajuan, pengadaaan, dan perawatan printer dan computer

6
Pembiayaan dan pendanaan

Penyusunan RKAS

Menjalin kerjasama dengan stakeholder
Komunikasi yang intensif dengan stakeholder
Kesejahteraan pegawai khususnya Tenaga Honorer Sekolah
7
Peserta didik
Pelaksanaan penerimaan siswa baru
Meningkatkan kualitas penanganan siswa yang bermasalah
Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler
8
Peran serta Masyarakat
Sosialisasi program sekolah dan peran komite
Menciptakan hubungan yang harmonis dengan komite
Mengikutsertakan komite dalam menjalankan program sekolah
Pertemuan dengan komite sekolah
Kerjasama dengan lembaga masyarakat
Pembuatan program kehumasan
Sosialisasi pola kerjasama
9
Lingkungan dan Budaya Sekolah
Pembuatan taman sekolah
Menanamkan kesadaran perlunya keterlibatan masyarakat dan warga sekolah untuk terciptanya lingkungan yang aman.

F.      PENANGGUNG JAWAB
Setelah program dirumuskan, maka perlu ditentukan siapa penanggung jawab program. Penanggung jawab program adalah perseorangan yang ditunjuk untuk mengkoordinir pelaksanaan program sesuai dengan bidangnya.
Berikut ini kami uraikan mengenai penanggung jawab tiap program sekolah yang akan dilaksanakan:

TABEL PENANGGUNG JAWAB PROGRAM

NO.
PROGRAM
PENANGGUNG JAWAB
1
Pembuatan KTSP, Silbabus dan RPP
Kepala Sekolah dan Wakasek Bidang Kurikulum dan Sarana-Prasarana
2
Peningkatan kompetensi guru
Kepala Sekolah dan Wakasek Bidang Kurikulum dan Sarana-Prasarana
3
Pengadaan (penggantian) buku Pelajaran
Kepala Sekolah dan Wakasek Bidang Kurikulum dan Sarana-Prasarana, Kepala Perpustakaan
4
Pengaturan jam dan jadwal mengajar guru yang ideal
Kepala Sekolah, Wakasek Bidang Kurikulum dan Sarana-Prasarana dan Urusan Kurikulum
5
Penambahan buku-buku yang menarik
Kepala Sekolah dan Wakasek Bidang Kurikulum dan Sarana-Prasarana, Kepala Perpustakaan
6
Penugasan studi literatur di perpustakaan
Semua Guru dan Kepala Perpustakaan
7
Peningkatan kompetensi guru
Kepala Sekolah
8
Sosialisasi peraturan sekolah kepada guru dan karyawan
Kepala Sekolah, Wakasek I dan II dan Urusan Kurikulum
9
Pertemuan Rutin Dewan Guru dan Rapat Pembinaan
Kepala Sekolah, Wakasek I dan II dan Sekretaris Dewan Guru
10
Pembuatan usulan peraturan
Kepala Sekolah dan Ketua Komite Sekolah
11
Pembuatan program kerja
Kepapa Sekolah, Wakasek I dan II, Bendahara BOS, Ketua Komite Sekolah
12
Rehabilitasi/ Pembangunan Ruang Kelas Baru
Kepapa Sekolah dan Wakasek Bidang Kurikulum dan Sarana-Prasarana
13
Pendataan, pembuatan, pengajuan proposal dan pengadaan sarana dan prasarana ruang Perpustakaan
Kepsek dan Kepala Perpustakaan
14
Pengadaan perabot pengganti
Wakasek Bidang Kurikulum dan Sarana-Prasarana
15
Perbaikan perabot rusak
Wakasek Bidang Kurikulum dan Sarana-Prasarana
16
Pendataan, pembuatan, pengajuan proposal dan pengadaan sarana dan prasarana laboratorium IPA
Wakasek Bidang Kurikulum dan Sarana-Prasarana, Kepala Laboratorium IPA
17
Pengajuan dan pemasangan jaringan internet dan pengawasan dalam penggunaannya.
Wakasek Bidang Kurikulum dan Sarana-Prasarana
18
Pendataan, pengajuan, pengadaaan, dan perawatan printer dan komputer
Kepala Sekolah, Urusan Sarana dan Prasana, Bendahara BOS
Pembuatan program kehumasan
Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Humas, Urusan Humas
Sosialisasi pola kerjasama
Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Humas, Urusan Humas
Penyusunan RKAS
Kepala Sekolah, Bendahara BOS, Perwakilan Komite Sekolah
19
Menjalin kerjasama dengan stakeholder
Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Humas
Komunikasi yang intensif dengan stakeholder
Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Humas
Kesejahteraan pegawai khususnya TKS
Kepala Sekolah, Bendahara BOS
20
Pelaksanaan penerimaan siswa baru
Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Humas
Meningkatkan kualitas penanganan siswa yang bermasalah
Wali Kelas, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Humas
21
Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler
Guru Pembina Ekstrakurikuler dan OSIS
22
Sosialisasi program sekolah dan peran komite
Kepsek dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Humas
Menciptakan hubungan yang harmonis dengan komite
Wakasek Bidang Kesiswaan dan Humas
Mengikutsertakan komite dalam menjalankan program sekolah
Wakasek Bidang Kesiswaan dan Humas
23
Pertemuan dengan komite sekolah
Kepsek dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Humas
24
Kerjasama dengan lembaga masyarakat
Wakasek Bidang Kesiswaan dan Humas

Pembuatan taman sekolah
Wakasek Bidang Kesiswaan dan Humas, Urusan Sarana dan Prasarana
25
Menanamkan kesadaran perlunya kterlibatan masyarakat dan warga sekolah untuk terciptanya lingkungan yang aman.
Wakasek Bidang Kesiswaan dan Humas, Pembina Kegiatan Kesiswaan (Pramuka, PMR, dan OSIS),  Kaur. TU







BAB  VI
PENUTUP


A.     Kesimpulan
Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan sebelumnya, maka kami menarik beberapa kesimpulan sebagai berikut :
1.      Keberhasilan dan kelancaran suatu kegiatan diperlukan sarana  penunjang yang lengkap, perencanaan yang matang dan pembagian tugas yang jelas.
2.      Agar semua hambatan yang mungkin timbul dapat dikurangi  semaksimal mungkin diperlukan pengawasan dan pembinaan yang  baik disertai rasa tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi dari  seluruh aparat pelaksana.
3.      Pengumpulan data yang akurat dan ketelitian dalam setiap  melaksanakan tugas sangat diperlukan guna penyusunan  laporan yang cepat dan tepat.
      
B.     Saran
Adapun saran-saran yang kami kemukakan adalah sebagai berikut :
1.      Diharapkan dengan adanya program kerja ini dapat mewujudkan suatu mekanisme kerja yang harmonis, efektif dan efesien sehingga dapat menunjang ketercapaian sasaran yang diharapkan.
2.      Apabila setiap pelaksana yang terkait didalam kegiatan ini memahami aturan yang telah ditetapkan, Insya Allah rencana kerja yang diprogramkan akan tercapai dengan baik.


Itulah contoh Program Kerja Kepala Sekolah SMPN 1 Kodeoha Tahun Anggaran 2015

Komentar

  1. Terimakasih Pak Kepsek, contoh program Kepsek nya dapat kami jadikan contoh dalam penyusunan program kami. Salam hormat dari kami keluarga Besar SMPN 14 SATAP Langgudu Bima NTB.

    BalasHapus
  2. Terimakasih Pak Kepsek, contoh program Kepsek nya dapat kami jadikan contoh dalam penyusunan program kami. Salam hormat dari kami keluarga Besar SMPN 14 SATAP Langgudu Bima NTB.

    BalasHapus
  3. KAMI SANGAT TERBANTU DENGAN BLOG INI, TERIMAKASIH BUANYAAK

    BalasHapus
  4. Makasih banyak, ijin saya jadikan model ya...

    BalasHapus
  5. Terima kasih banyak sudah men-share artikel ini, sukses selalu.

    BalasHapus
  6. Makasih banyak Bapak, mohon ijin saya jadikan jadikan panduan di sekolah saya. syukran..

    BalasHapus
  7. Sangat bermanfaat. Izin mengambil inspirasi ya pak

    BalasHapus
  8. Mohon ijin untuk turut menggunakan konsep Bapak di sekolah kami, semoga menjadi amal shalih

    BalasHapus
  9. Mohon ijin kami jadikan acuan program sekolah kami...terima kasih mudah2an menjadi amalan bapak nanti...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Filsafat Islam Mazhab QOM

PROGRAM KERJA KEPALA PERPUSTAKAAN SMPN 1 KODEOHA | Junait Blog