Berbagai Tips Kesehatan

Oleh
Junait, S.Pd., M.Si.
 
Haid Saya Normal Gak Ya?

Pada kondisi normal, umumnya siklus haid terjadi sekitar 28 hari, meskipun tidak selalu. Terkadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 35 hari. Rata-rata haid terjadi 5 hari, ada juga yang 2 hari sampai 14 hari. Darah yang keluar akibat menstruasi kurang lebih 10 ml hingga 80 ml per hari dengan rata-rata 35 ml per harinya.

Sebagian perempuan memiliki siklus haid yang tidak normal. Apa saja gangguan haid itu? Berikut di antaranya:

Kelainan banyaknya darah
===============
* Hipermenorea
Hipermenorea adalah perdarahan haid yang lebih banyak dari normal, ditandai dengan waktu lebih lama dari normal, yakni lebih dari 14 hari. Penyebabnya antara lain adanya mioma uteri, polip endometrium, gangguan pelepasan endometrium, disfungsional uterie bleeding, gangguan hormonal.

* Hipomenorea
Hipomenorea adalah perdarahan haid yang lebih pendek atau kurang dari normal, yakni kurang dari 2 sampai 7 hari. Penyebabnya antara lain kesuburan endometrium kurang akibat kurang gizi, penyakit menahun maupun gangguan hormonal.

Kelainan siklus
================
* Polimenorea
Polimenorea adalah siklus haid lebih pendek dari biasanya (kurang dari 21 hari siklusnya atau masa bersih tanpa darah haid kurang dari 2 minggu). Secara awam bisa terlihat sebagai haid yang terjadi dua kali atau lebih dalam satu bulan. Banyaknya perdarahan bisa sama atau lebih banyak dari haid normal. Penyebabnya antara lain gangguan hormonal sehingga siklus haid menjadi lebih pendek.

*Oligomenorea
Oligomenorea adalah siklus haid yang lebih panjang dari 35 hari. Perdarahan pada oligomenorea biasanya lebih sedikit dari ukuran normal. Penyebabnya antara lain gangguan hormonal, psikologis dan efek penyakit tertentu seperti TBC.

* Amenorea
Amenorea adalah ketiadaan haid selama 3 bulan berturut-turut. Dibedakan menjadi dua:

- Amenorea primer bila perempuan usia 18 tahun ke atas tidak pernah  mendapat haid sama sekali. Penyebabnya adalah kelainan genetik/anatomi.

- Amenorea sekunder bila perempuan ini pernah mendapat haid tapi kemudian berhenti. Penyebabnya adalah gangguan kurang gizi, metabolisme, tumor, penyakit infeksi dan sebagainya.
///////////////////////////////////////////

Sebaiknya Minum Kopi Sebelum Olahraga

Minum secangkir kopi satu jam sebelum olahraga bermanfaat karena kafein dapat memacu pelepasan lemak ke dalam darah dan olahraga akan membakar lemak itu.

Kopi dengan es akan terasa lezat jika cuaca panas atau kapan pun Anda mau. Buatlah cappuccino yang sedap dengan susu rendah lemak.

Ganti bubuk cokelat yang menggemukkan dengan bubuk kayu manis atau pala yang ditaburkan di atas cappuccino. Banyak kafe yang menyediakan itu jika Anda minta.

/////////////////////////////////////////////////
Percantik Kuku Sukseskan Diet

Laporan wartawan Chic Magazine, Astrid Anastasia

Tidak punya waktu untuk berolahraga? Jangan khawatir kamu masih punya kesempatan untuk bisa langsing, kok! Perubahan kecil ini mampu membantu memangkas kalori dan mengunci mulut untuk terus mengunyah. Silahkan coba trik terkilat menurunkan berat badan ini.

* Kunyah kacang pistachio.
Mau ngemil? Pilihlah kacang pistachio.Menurut para peneliti dari University of Eastern Illinois, orang yang mengonsumsi kacang pistachio 2 kali sehari cenderung tidak akan mengalami kenaikan bobot tubuh ketimbang orang tidak memakannya.

Jangan lupa, pilihlah kacang pistachio berkulit. Sebab ngemil kacang pistachio berkulit akan makan 50% lebih sedikit ketimbang mereka yang memilih kacang pistachio kupas. Plus, mereka juga akan memiliki rasa kenyang dan kepuasan yang sama.

*Percantik kuku.
Redam hasrat untuk terus mengunyah dengan melakukan manicure singkat, demikian saran Dawn Jackson Blatner, RD, penulis buku The Flexitarian Diet. Memulaskan jemari dengan kuteks akan menahan tangan untuk terus mengambil keripik kentang atau camilan tinggi kalori lainnya.

* Potong-potong makanan.
Biasakan untuk memotong makanan ke porsi yang lebih kecil. Trik ini bisa memperlambat asupan masuk ke mulut kita. Plus, bisa menjadi trik visual untuk menandakan kita makan lebih banyak. Rasa kenyang bisa dipengaruhi oleh trik visual, jadi membuat porsi makan kita tampak lebih banyak akan membantu merasa lebih 'puas' meski dengan ukuran yang kecil.

* Rutin pantau berat badan.
Mencatat perkembangan diet setiap hari mampu memangkas 6-9 kg berat tubuh lebih banyak. Studimenunjukkan menimbang berat badan secara rutin bisa membantu kesuksesan program diet kita, loh!

* Coba lakukan akupresur pada telinga.
Susah kontrol nafsu makan? Matikan tombol rasa lapar dengan menekan bagian kulit telingga yang menonjol berada di dekat pipi menggunakan jempol dan telunjuk .Trik ini akan membantu kamu melawan rasa lapar.
////////////////////////////////////
Stroke Ringan Memicu Kerusakan Otak

Laporan Wartawan Intisari online.com, K. Tatik Wardayati

Stroke ringan bisa menimpa siapa saja, risiko terbesar terutama mereka yang menderita hipertensi, diabetes, perokok, serta dislipidemia.

Sebuah penelitian di Journal of Neuroscience menyebutkan, stroke ringan - juga disebut Transient Ischemic Attack (TIA) - dapat memicu kerusakan otak dan gangguan kognitif. TIA merupakan peringatan kemungkinan terjadinya stroke yang akan datang.

TIA sendiri memiliki gejala seperti stroke, tetapi hanya berlangsung beberapa menit. TIA merupakan serangan episode transien disfungsi neurologis yang disebabkan oleh iskemia (penurunan aliran darah) - baik otak fokal, sumsum tulang belakang atau retina - tanpa infark akut (kematian jaringan). Terjadi ketika asupan oksigen ke bagian tertentu dari otak terhalang sebentar, lalu kembali normal. Halangan tersebut biasanya disebabkan oleh penyempitan arteri otak karena aterosklerosis atau gumpalan darah kecil yang terbawa masuk dari tempat lain dalam tubuh dan menyumbat arteri otak.

TIA dan stroke mempunyai gejala yang sama, seperti kelumpuhan kontralateral (sisi berlawanan dari tubuh dari belahan otak yang terkena) atau kelemahan mendadak atau mati rasa. TIA dapat menyebabkan tiba-tiba meredupnya atau kehilangan penglihatan (amaurosis fugax), afasia (kehilangan kemampuan berbicara dan mengerti), berbicara melantur dan kebingungan mental. Gejala lain seperti pusing, lemah, tidak dapat berjalan, kesulitan koordinasi tangan dan lengan.

Tapi tidak seperti stroke, gejala TIA dapat diatasi dalam beberapa menit atau 24 jam. Cedera otak masih mungkin terjadi pada TIA namun hanya berlangsung beberapa menit. Tapi, bila berlanjut lebih dari 24 jam maka dikategorikan sebagai stroke biasa.

"Menurut penelitian kami, neuron rusak oleh TIA. Hasil dari analisis ini dapat digunakan untuk mengobati setidaknya pada bagian neuron setelah menderita stroke ringan," kata peneliti penulis utama penelitian, Maiken Nedergaard dari University of Rochester.

Stroke ringan baru mulai diperhatikan oleh para peneliti. Karena teknik pencitraan umum seperti MRI biasanya tidak cukup sensitif untuk mendeteksi cedera atau kerusakan dari stroke ringan. Stroke ringan terjadi ketika aliran darah ke otak tersumbat. Tidak seperti stroke akut yang memiliki gejala mati rasa, penglihatan kabur, dan bicara cadel, stroke ringan sering menyerang tanpa gejala. Namun dampaknya pada otak cukup mengkhawatirkan.
/////////////////////////////////////////////
Makanan Berkadar Gula Tinggi Mengandung Radikal Bebas Berbahaya

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

Jika beranggapan penyebab radikal bebas atau molekul berbahaya itu hanya bersumber dari eksternal atau lingkungan seperti kemajuan teknologi, perubahan lingkungan, asap rokok dan sinar ultraviolet adalah pendapat yang kurang tepat.

Pasalnya, radikal bebas yang menjadi pemicu penyakit kronis seperti kanker, bisa ditemukan dalam kadar gula tinggi, garam berlebih, makanan serba gurih dan bahkan olah raga berlebihan.

"Olah raga sampai ngos-ngoson akan menimbulkan banyak radikal bebas," tutur ??dr Bing Handoyo, dari RS Gading Pluit/Klinik Millenium, Jakarta sela-sela peluncuran dua teknologi bidang kesehatan yakni Miracle Doctor Jug sebagai penghasil air antioksidan dan Healing Wave untuk meminimalisir kekambuhan penyakit asma di Jakarta, Rabu (19/12/2012).

Nah, untuk menangkal radikal bebas yang ditandai banyak bintik-bintik hitam di tubuh, kulit kusam dan berkemih atau air kencing berwarna kuning atau kuning kecoklatan, tubuh memerlukan antioksidan.

Sumber antioksidan berasal buah dan sayuran, suplemen, seperti Vitamin A,C,E dan mineral melanin dan C sebagai antioksidan utama dan juga berasal dari air.

"Sebanyak 70 persen tubuh manusia sebetulnya sudah terdiri dari air. Jika melakukan sesuatu dengan air,sudah pasti kebutuhan air tersebut terkoreksi. Air yang mengandung antioksidan jika dikonsumsi secara teratur maka 70 persen selalu terpenuhi," tuturnya.

Dikatakannya, air antioksidan selain mengandung hidrogen aktif yang berfungsi menangkal radikal bebas juga mengandung alkalin untuk mengembalikan tubuh yang dalam keadaan asam tinggi menjadi basah kembali.

Tubuh memerlukan antioksidan karena manusia selama hidupnya tidak akan bebas dari radikal bebas. Sebab seluruh pangan yang dikonsumsi manusia hampir pasti menggunakan bahan tambahan pangan, seperti pengawet,pewarna buatan, perasa buatan dan pemanis buatan.

Nah, untuk menghasilkan antioksidan, Advance Group meluncurkan Miracle Doctor Jug adalah teknologi kesehatan yang menghasilkan air antioksidan tangkal radikal bebas.

"Fungsi alat ini mirip dengan buah-buahan dan sayur-sayuran yang menghasilkan senyawa antioksidan  yang mencegah oksidasi dan membantu menangkal radikal bebas. Alat berfungsi membuang racun tubuh dengan lebih maksimal sebagai proses pembersihan secara alami," tutur Apit D. Haripin, Chairman Advance Group.

Sementara itu, lanjut Apit, Healing Wave adalah terapi alamiah yang mampu mencegah penyakit kronis, termasuk asma, karena dapat memberikan efek secara langsung pada penyakit asma melalui terapi pemanasan yang akan memberikan paparan energi terhadap sel-sel tubuh.

"Alat berfungsi meningkatkan sirkulasi fluida (cairan) dalam tubuh sehingga bermanfaat sebagai detoksifikasi dan meningkatkan sirkulasi darah, serta melancarkan transpotasi oksigen dan nutrisi ke organ-organ yang membutuhkan termasuk saluran pernafasan dan paru-paru," katanya.

Ditambahkannya, baik Healing Wave maupun Miracle Doctor Jug yang didukung teknologi terdepan dalam bidang kesehatan telah memperoleh respon yang luar biasa dari konsumen dan pelanggan setia Advance.
/////////////////////////////////////////////
Meremas-remas Payudara Bisa Kurangi Ganasnya Kanker

Pertumbuhan sel kanker pada payudara ternyata bisa dicegah dengan tindakan sederhana, yakni sering meremas-remasnya.

Hal tersebut sudah dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan tim dari University of California at Berkeley and The Lawrence Berkeley National Laboratory.

Hasil penelitian menunjukkan, menempatkan alat mekanikal pada sel kanker payudara yang ganas bisa mengubah proses pertumbuhan abnormal sehingga kembali pada pola pertumbuhan yang normal.

"Organisasi jaringan ternyata sangat sensitif pada alat mekanikal yang berasal dari lingkungan sejak awal tahap perkembangan," kata Daniel Fletcher, profesor bioengineering, yang memimpin riset ini.

Jaringan payudara tumbuh, menyusut, dan berubah sesuai dengan pola terstruktur dari kehidupan wanita dan pada satu titik akan berhenti. Kanker payudara ditandai dengan terganggunya pola pertumbuhan itu sehingga sel kanker tumbuh tak terkendali.

Dalam penelitian yang dilakukan di laboratorium Berkeley diketahui ternyata perubahan sel malignant menjadi tumor bisa dimanipulasi menggunakan lingkungan inhibitor biokemikal. Memberikan lingkungan sel yang sehat akan mendorong sel-sel kanker untuk berkembang secara normal kembali.

Menggunakan konsep yang sama, tim peneliti dari Berkeley mencoba memakai inhibitor mekanikal sebagai pengganti inhibitor kimia. Para peneliti menumbuhkan sel epitel payudara menggunakan kandungan mirip gelatin yang disuntikkan ke bilik silikon. Kemudian silikon itu diremas sesering mungkin dan sel-sel itu tumbuh menjadi sel yang sehat.

Meski begitu para peneliti tidak menganjurkan pasien untuk melakukan kompresi atau peremasan payudara sendiri untuk mengatasi kanker payudara.

"Kompresi bukanlah terapi. Tetapi hasil riset ini memberikan petunjuk baru pada molekul dan struktur sebagai terapi target," kata Fletcher yang hasil penelitiannya dipresentasikan dalam pertemuan American Society for Cell Biology di San Francisco. (Lusia Kus Anna/ FoxNews)
/////////////////////////////////////
Konsumsi Vitamin C dan E Berlebihan Itu Tak Sehat
 
Ketidakseimbangan antara kemampuan pertahanan antioksidan tubuh dengan paparan radikal bebas mengakibatkan  kondisi yang dikenal dengan istilah stres oksidatif.

"Kemampuan pertahanan antioksidan tubuh bisa disebabkan kurangnya asupan antioksidan, maupun menurunnya respon antioksidan alamiah dalam tubuh," kata dosen Peneliti Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (UI), Rani Sauriasari seperti dilansir Tribunnews.com dari Sehatnews.

Menurut dia, upaya pencarian antioksidan yang bekerja melalui mekanisme yang efektif dalam meningkatkan pertahanan antioksidan pada kondisi diabetes melitus menjadi hal yang sangat penting.

Antioksidan potensial yang telah diketahui mampu meredam stres oksidatif adalah vitamin C dan vitamin E.

Namun vitamin C dan vitamin E yang tersedia berlebih dalam tubuh justru akan berubah menjadi prooksidan setelah teroksidasi, jelasnya.

Ia menambahkan,asam lipoat (ALA) atau bentuk tereduksinya, asam dihidrolipoat (DHLA) disebut juga sebagai senyawa antioksidan universal karena kemampuannya yang luas, termasuk merecycle vitamin C, vitamin E, dan glutation (GSH) agar dapat bekerja kembali.

Karena itu, ruang lingkup penelitian adalah stres oksidatif dan stres nitrosatif, mencakup studi in vitro menggunakan mikroba dan cell line, hingga studi epidemiologi (studi terhadap populasi manusia, ujarnya.

Menurutnya, dia melakukan penelitian in vitro menggunakan mutant Escherichia coli sebagai bacterial model untuk menguji sifat oksidan dan mutagenisitas serta daya anti oksidan senyawa alami dan sintetis.

Selain itu, pewarna rambut henna (henna dye, Lawsonia inermis Linn) dan senyawa aktifnya (lawsone), ucapnya.

Peneliti melakukan penelitian terhadap marker stres oksidatif, nitrosatif, dan inflamasi pada perokok dan kaitannya dengan fungsi ginjal (parameter yang diukur adalah laju filtrasi glomerulus, proteinuria, blood urea nitrogen, dan serum kreatinin) serta penyakit lain terkait gaya hidup (lifestyle-related disease).

Saat ini, penelitiannya  masih terus fokus pada penelitian terkait stres oksidatif dan stres nitrosatif, dengan melakukan pengukuran terhadap aktivitas antioksidan enzimatis dan produk modifikasi oksidatif, seperti malondialdehida dan 8-isoprostane pada pasien diabetes melitus tipe dua di Indonesia.

Ditanya harapannya ia mengatakan, hasil dari penelitian ini tentunya menjadi masukan untuk penelitian selanjutnya mengenai pengembangan terapi klinis untuk mengatasi kondisi stres oksidatif pada pasien diabetes melitus tipe dua Indonesia.

Selain itu mendukung upaya pencegahan penyakit (preventive medicine) komplikasi pada pasien diabetes melitus, sebagai upaya memangkas biaya kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia, kata Rani
////////////////////////////////////////////////

Tujuh Santapan Paling Bersahabat untuk Pencernaan

Dalam memilih makanan terbaik untuk kesehatan pencernaan, mungkin yang terpenting adalah makanan itu tidak menyebabkan gejala atau keluhan apa pun. Dengan kata lain, makanan yang bagus itu bisa membuat proses pencernaan lebih mudah.

Apa saja makanan yang bagus dan makanan yang sebaiknya dihindari demi pencernaan sehat? Berikut saran dari para ahli.

1. Sayur dan buah
Makanan ini adalah sumber serat yang akan melancarkan proses pencernaan dan pembuangan. Sebaiknya kita mengonsumsi serat 20 - 30 gram setiap hari atau setara dengan 5-7 sajian buah dan sayur.

2. Biji-bijian utuh
Sumber makanan biji-bijian utuh antara lain beras merah dan gandum. Namun nasihat ini mungkin tidak berlaku untuk mereka yang punya penyakit kronik seperti sakit celiac atau sensitif pada gluten.

3. Pisang
Pada dasarnya semua jenis buah bagus untuk pencernaan, tetapi pisang sangat dianjurkan karena tidak mengiritasi perut. Buah ini juga disarankan untuk mereka yang sedang menderita diare atau mual dan muntah.

4. Air
Konsumsi air yang cukup sangat diperlukan untuk membantu pencernaan sehat.

5. Jahe
Herbal dan rempah seperti jahe, pepermint, atau turmeric adalah sahabat bagi perut yang sedang bermasalah. Buatlah teh jahe untuk meredakan gangguan pencernaan.

6. Sumber probiotik
Probiotik mengandung bakteri baik yang akan mengembalikan keseimbangan bakteri jahat di usus. Sebaiknya pilih produk yang mengandung bakteri hidup seperti yogurt dan kefir.

7. Sumber prebiotik
Prebiotik adalah sumber makanan probiotik yang diperlukan untuk bakteri baik. Prebiotik ditemukan pada biji-bijian utuh, bawang, asparagus, dan kacang lentil.

Sebaliknya, hindari makanan yang akan memicu gejala refluks dan rasa nyeri di tenggorokan seperti makanan pedas, alkohol, kafein, soda, atau mengandung lemak jenuh tinggi.  (Lusia Kus Anna/Huffington Post)
//////////////////////////////////////////////////////
Tanda Makanan Sudah Kadaluarsa dan Berbahaya Dikonsumsi
Makanan sudah basi menjelang disantap tentu sangat mengesalkan. Ketika makanan Anda memiliki tanda-tanda basi seperti berikut ini, waspadalah. Bila  ragu, lebih baik segera singkirkan. Menyantapnya, meski hanya dua suap, bisa membuat Anda terpaksa berobat ke dokter.

  Ikan
Ikan yang sudah tidak segar biasanya memunculkan aroma tidak enak yang kuat. Bila masih tampak segar, amati lebih teliti. Bila ikan berubah warna menjadi cokelat, kuning atau abu-abu, meski hanya di bagian ujungnya, buang segera.

 Telur

Jika telur busuk digunakan untuk membuat makanan, bakteri salmonella siap berkembang biak di dalamnya. Untuk mengetahui telur masih bagus atau tidak, masukkan telur ke dalam semangkuk air. Telur yang sudah lama akan menyerap udara lewat cangkang yang berpori, sehingga akan mengambang atau berdiri di mangkuk. Sementara, telur yang segar sebagian sisinya akan tetap tidur di bagian bawah mangkuk.

 Steak

Godaan lezatnya steak terkadang membuat orang masih tetap menyantapnya meski mungkin si steak sudah "berumur". Padahal, bahaya mikroorganisme seperti E.coli dan salmonella bisa mengancam. Coba perhatikan warnanya. Bila berubah warna menjadi abu-abu, tandanya sudah tak layak konsumsi. Bila dibaui, akan keluar aroma tengik. Untuk lebih meyakinkan, pegang dengan tangan Anda. Steak yang rusak akan mengeluarkan lendir.

 Ayam

Jangan menyimpan ayam mentah di kulas bagian bawah lebih dari 48 jam, dan konsumsilah ayam beku sebelum enam bulan. Ayam yang sudah basi memunculkan bau asam atau semacam amonia. Warna yang berubah atau daging yang berlendir juga jadi pertanda sudah waktunya membuang ayam Anda.

 Kentang

Umur kentang bisa panjang bila disimpan di tempat yang sejuk dan gelap, tapi harus sering diperiksa. Satu saja kentang rusak, akan menulari kentang lain yang bersamanya.

Bila kentang terasa keras saat diremas, berarti masih layak konsumsi. Namun, bila terasa lembek dan melesak ke dalam saat ditekan, berarti kondisinya sudah tak bagus lagi. Apalagi, bila kentang sudah berkecambah dan bau.

  Selada 

Di kulkas, usianya hanya sekitar satu minggu. Selada yang segar haruslah berwarna hijau atau ungu kemerahan, tergantung jenisnya. Bila sudah layu dan berwarna kecokelatan, sebaiknya tak dikonsumsi.

  Yogurt

Yoghurt merupakan susu yang difermentasikan, sehingga kemungkinan untuk cepat basi juga besar. Beberapa tanda yogurt yang rusak adalah adanya tambahan aroma, jamur spora, atau tekstur kental yang berbeda dari yogurt saat masih segar.

  Cream Cheese

Tak seperti keju-keju lainnya, cream cheese paling baik dikonsumsi dalam keadaan segar. Bila sudah berarna hijau atau tumbuh jamur, segera buang. Jangan lupa, cek tanggal kadaluarsa. Bila sudah dibuka, segera habiskan dalam 10 hari. (Hasuna Daylailatu)
////////////////////////////////////////////////
Kekurangan Gizi, Kecerdasan Anak akan Menurun
 
Ketua Tim Peneliti South East Asia Nutrition Survey (SEANUTS) Indonesia, Dr. Sandjaja menjelaskan, untuk menciptakan SDM berkualitas, baik secara fisik maupun kecerdasan, diperlukan upaya mengoptimalkan tumbuh kembang anak sejak dalam kandungan. Salah satu faktor penentunya adalah gizi.

"Dari sudut pandang gizi, selain zat gizi makro, pengaruh zat gizi mikro vitamin dan mineral terhadap tumbuh kembang anak yang optimal sangatlah penting," katanya saat pemaparan Hasil studi South East Asia Nutrition Survey (SEANUTS) di Jakarta, Rabu (14/11/2012).

Hal senada disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof. DR. Lydia Freyani Hawadi. Ia mengatakan, gizi, kesehatan dan kecerdasan, merupakan faktor yang menentukan kualitas sumber daya manusia. "Kekurangan gizi menyebabkan potensi kecerdasan menurun dan proses belajar anak tidak dapat berlangsung efektif," katanya.

Dalam jangka panjang akan mengakibatkan hilangnya potensi generasi muda yang cerdas dan berkualitas sehingga menjadi generasi muda yang kurang produktif dan tidak mampu bersaing di era global.

"Gizi dalam kebijakan PAUD merupakan salah satu layanan yang harus disiapkan oleh pemerintah, masyarakat, keluarga dan pihak-pihak terkait lainnya, karena merupakan bagian dari pengembangan anak usia dini yang holistik dan integratif,' tuturnya.
//////////////////////////////////////////////////////////////////////
Makanan Warna Hitam Itu Super Kandungan Gizinya
 
Makanan yang berwarna hitam secara fisik terlihat tidak menarik, ternyata memiliki kandungan zat gizi dan non gizi yang luar biasa. Makanan ini bisa dikatakan tergolong superfood.

"Warna hitam menunjukkan kandungan antioksidan yang tinggi. Warna tersebut berasal dari anthocyanin yang dapat membantu menurunkan resiko diabetes, penyakit jantung dan kanker," tulis ahli gizi dari Rumah Sakit Ulin, Pramono di grup Gerakan Sadar Gizi.

Faktanya, pada bahan pangan berwarna hitam seperti beras hitam jika dibandingkan zat-zat gizi yang terkadung pada bahan dengan warna lain seratnya 20 kali lipa. Tidak heran antioksidan black food paling unggul.

Sebuah studi Korea menemukan bahwa makan kedelai hitam dapat membantu mengurangi risiko trombosis-jenis gumpalan darah yang berpotensi fatal-bahkan lebih dari kedelai kuning atau hijau. Minyak kedelai mengandung alpha-linolenic acid, sejenis asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Teh hitam mengandung theaflavin sebuah antioksidan yang menunjukkan dapat meningkatkan pemulihan dari nyeri otot setelah latihan yang intens. Minum teh hitam juga dapat menurunkan risiko serangan jantung, seperti yang ditemukan dalam penelitian dari Rutgers University di New Jersey.

//////////////////////////////////////////////
Kekurangan Gizi Tak Baik, Kelebihan Gizi Juga Tak Bagus

TRIBUNNEWS.COM - Makanan yang berwarna hitam secara fisik terlihat tidak menarik, ternyata memiliki kandungan zat gizi dan non gizi yang luar biasa. Makanan ini bisa dikatakan tergolong superfood.

"Warna hitam menunjukkan kandungan antioksidan yang tinggi. Warna tersebut berasal dari anthocyanin yang dapat membantu menurunkan resiko diabetes, penyakit jantung dan kanker," tulis ahli gizi dari Rumah Sakit Ulin, Pramono di grup Gerakan Sadar Gizi.

Faktanya, pada bahan pangan berwarna hitam seperti beras hitam jika dibandingkan zat-zat gizi yang terkadung pada bahan dengan warna lain seratnya 20 kali lipa. Tidak heran antioksidan black food paling unggul.

Sebuah studi Korea menemukan bahwa makan kedelai hitam dapat membantu mengurangi risiko trombosis-jenis gumpalan darah yang berpotensi fatal-bahkan lebih dari kedelai kuning atau hijau. Minyak kedelai mengandung alpha-linolenic acid, sejenis asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Teh hitam mengandung theaflavin sebuah antioksidan yang menunjukkan dapat meningkatkan pemulihan dari nyeri otot setelah latihan yang intens. Minum teh hitam juga dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung, seperti yang ditemukan dalam penelitian dari Rutgers University di New Jersey.
///////////////////////////////////////

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Filsafat Islam Mazhab QOM

PROGRAM KERJA KEPALA PERPUSTAKAAN SMPN 1 KODEOHA | Junait Blog