Tutorial MySQL Menggunakan XAMPP | Junait

Oleh
Junait, S.Pd., M.Si.

Tutorial MySQL Menggunakan XAMPP

Tutorial MySQL Menggunakan XAMPP

Tutorial MySQL - MySQL merupakan salah satu dari sekian banyak database server yang saat ini sangat terkenal, ia bersifat Open source sehingga anda tidak perlu membayar untuk mengunakannya. Selain itu MySQL juga termasuk jenis RDBMS (Relational Database Management System).

Pada tutorial MySQL mengunakan XAMPP diasumsikan anda sudah menginstal program XAMPP, jika belum anda bisa melihat tulisan download xampp terbaru dan cara instalasi xampp. Selain itu  tutorial MySQL mengunakan XAMPP yang diberikan berikut didasarkan pada sistem operasi Windows

Oke mari kita mulai tutorial MySQL mengunakan XAMPP, langkah pertama yang harus anda mulai adalah mengaktifkan Command Prompt ( Start + All Program + Accessories + Command Prompt ). Setelah anda menjumpai Command Prompt , berikan perintah berikut :

cd C:\xampp\mysql\bin

Maka anda akan menjumpai tampilan Command Prompt seperti gambar dibawah ini.

Tutorial MySQL Menggunakan XAMPP

Setelah itu jalankan program ini dan ketikkan perintah berikut :

mysql -u root –p

Maka akan muncul perintah untuk memasukan password, ketikan password yang telah anda set sebelumnya dan tekan tombol Enter, sehingga akan muncul tampilan seperti berikut :

Tutorial MySQL Menggunakan XAMPP

Tampilan gambar diatas menunjukan bahwa anda telah menjalankan program klien MySQL. Selanjutnya anda bisa membuat database, menghapus database, membuat tabel, dan masih banyak yang lainya. Sekian tulisan mengenai tutorial MySQL mengunakan XAMPP semoga bisa bermanfaat bagi pembaca. Tulisan selanjutnya akan saya jadwalkan esok hari yang akan membahas cara membuat database, tunggu iya.


Admin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Filsafat Islam Mazhab QOM

PROGRAM KERJA KEPALA PERPUSTAKAAN SMPN 1 KODEOHA | Junait Blog