Membuat Sendiri CD/DVD Bootable Windows7 | Junait

Oleh 

Junait, S.Pd., M.Si.
Selain Flash Disk Bootable, CD/DVD Bootable juga merupakan perangkat yang sama pentingnya dalam menjaga keamanan atau mengantisipasi kemungkinan munculnya permasalahan dalam sistem operasi di komputera atau laptop kita.
Setelah sebelumnya saya share informasi tentang cara membuat Flash Disk Bootable Windows 7, kali ini saya akan share informasi mengenai cara membuat CD/DVD Bootable Windows 7 dengan menggunakan File.Iso yang kita buat sendiri. CD/DVD Bootable Windows 7 adalah CD/DVD yang apabila kita memasukkannya kedalam CD/DVD Room maka otomatis akan jalan sendiri tanpa harus kita klik dahulu dan dapat dijalankan sebagai auto booting komputer atau laptop. 
Untuk membuatnya kita memerlukan software aplikasi yang dapat membuat file.ISO untuk dibakar nantinya pada CD/DVD yang akan kita buat. Salah satu software yang sudah saya uji sendiri kemampuannya adalah Software Power ISO. Software ini sangat ringan dan mudah dijalankan sekalipun anda adalah pemula dalam masalah pemrograman komputer.
Bagi anda yang belum memiliki program ini dikomputer/laptop anda, anda dapat mendownload masternya di sini!. dan selanjutnya anda Install  ke komputer/laptop anda. 
Selanjutnya anda juga memerlukan file tambahan yang bernama boot.ima.

Boot.ima adalah sebuah file bootable image untuk menjalankan proses pembakaran (Burning) agar nantinya menjadi sebuah Master Installer. silakan download filenya di sini!
Kalau sudah lengkap semua persiapan di atas, selanjutnya silahkan anda mengikuti langkah pembuatannya  seperti yang diuraikan dan ditampilkan pada screenshot dibawah ini :


1. Jalankan Program Power ISO (seperti ini ):












2. Selanjutnya klik Add File and Folder yang tersedia pada Prorgam Power Iso :
 
3. Cari dan pilih file-file yang ingin dibuat menjadi file Bootable :
 
4. Lihat tanda panah paling bawah Non-bootable Image :

5. Klik Action lalu klik Boot kemudian klik Add boot information :
 
 
6. Masukkan file boot.ima yang telah sobat download, lalu klik Ok :


7.  Perhatikan paling bawah seketika berubah menjadi Bootable Image

  
8. Lalu klik Save, simpan dalam bentuk Standar ISO image:
9. Sekarang anda sudah mempunyai file bootable ISO :
10. Selanjutnya tinggal proses Burning,  silahkan masukkan kepingan CD/DVD ke dalam CD/DVD Room dan pastikan kapasitas CD/DVD sesuai dengan besarnya file, lalu klik Burn.  

Demikian semoga informasi yang saya share ini bermanfaat.

Admin.

Komentar

  1. gan saya sudah punya file win 7.iso , cara nya agar bisa bootable gimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mf ru bls, caranya sama saja yang diatas, kecuali kalau file win7.iso nya sdh bootable tinggal diburn saja,bleh menggunakan aplikasi burning yang sdah umum digunakan misalnya Nero.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Filsafat Islam Mazhab QOM

PROGRAM KERJA KEPALA PERPUSTAKAAN SMPN 1 KODEOHA | Junait Blog